Fenomena Fase Bulan Purnama 5 Mei 2023 Berpotensi Meningkatkan Ketinggian Air Laut

Nusantaratv.com - 03 Mei 2023

Peringatan dari BMKG untuk masyarakat Pesisir.
Peringatan dari BMKG untuk masyarakat Pesisir.

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kepada masyarakat pesisir terkait adanya fenomena fase Bulan Purnama pada tanggal 5 Mei 2023. Fenomena bulan purnama ini berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Berdasar pantauan data dari water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia diantaranya,

Pesisir Aceh, Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Lampung, Pesisir Banten, Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur, Pesisir selatan D.I. Yogyakarta, Pesisir NTB, Pesisir NTT, Pesisir KalimantanBarat, Pesisir Kalimantan Tengah, Pesisir Sulawesi Utara, Pesisir Maluku, Pesisir MalukuUtara.

Potensi terjadinya banjir pesisir (rob) ini di tiap-tiap wilayah berbeda hari dan waktunya, namun secara umum dampak dari terjadinya rob ini akan mempengaruhi aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir. Aktivitas yang mungkin terganggu seperti kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat. 

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut. Masyaraka disyarakan selalu update informasi cuaca maritim dari BMKG melalui:
- Call center 021-6546315/18
- Call center BMKG 196
- http://maritim.bmkg.go.id
- Follow twitter dan Instagram @BMKGmaritim

Disamping itu, masyarakat dapat menghubungi langsung kantor BMKG terdekat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close