Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Terdengar 28 Kali Letusan

Nusantaratv.com - 17 Januari 2024

Gunung Lewotobi Laki-laki di NTT kembali erupsi/ist
Gunung Lewotobi Laki-laki di NTT kembali erupsi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Gunung Api Lewotobi Laki-laki kembali mengalami erupsi pada Rabu (17/1). Balai Pengamatan Gunung Api melaporkan terdengar 28 kali letusan dari gunung yang terletak di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut.    

Meningkatnya aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki mengakibat penduduk di lima desa harus mengungsi. Lima desa di Flores Timur yang berada dalam radius risiko erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki sudah kosong. Lima desa itu adalah Desa Dulipali, Nobo, Nurri, Nawakote, dan Klantalo.

"Semua (desa) rata-rata sudah kosong," tutur Kepala Balai Pengamatan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Geologi Nusa Tenggara, Arios Ghele Raja.

Sementara itu, Kepala Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki, Herman Yosef, mengatakan pada Rabu ini--sejak pukul 00.00-06.00 Wita-- gunung api tersebut meletus sebanyak 28 kali dengan tinggi asap mencapai 500 meter. Adapun, Gunung Lewotobi Laki-laki kini berstatus level IV atau awas.

Lava Gunung Lewotobi Laki-laki mengalir sejauh 3 kilometer ke arah utara dan timur laut.

"Terdengar gemuruh lemah sampai sedang," ujar Herman.

Pada erupsi kali ini Gunung Lewotobi Laki-laki juga mengeluarkan lahar dingin yang menerjang lahan pertanian warga. Terjangan lahar dingin mengakibatkan puluhan warga di Desa Klatanlo, Kecamatan Wulanggitang, terancam gagal panen.

Baca juga: Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi Lagi Malam Ini

Kepala Desa Klatanlo, Petrus Muda Kurang, mengatakan masing-masing warga memiliki sekitar 4 hektare lahan pertanian. Lahan yang ditanami jagung, padi, dan mete, itu rusak akibat banjir lahar dingin yang membawa material batu dan pasir.

Sementara itu Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat ada peningkatan kegempaan pada Gunung Lewotobi Laki-laki pada 16 Januari 2024, pukul 00.00 hingga 24.00 WITA.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid mengungkapkan ada 396 kali gempa yang terjadi pada Gunung Lewotobi Laki-laki sepanjang Selasa kemarin.

Jumlah kegempaan itu naik hampir dua kali lipat dibandingkan aktivitas kegempaan yang terjadi sehari sebelumnya pada Senin (15/1), yang hanya berjumlah 140 kali gempa.

Imbasnya, per 17 Januari 2024, Badan Geologi mengumumkan perluasan jarak rekomendasi agar masyarakat aman dari bahaya erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki.

Sebelumnya, jarak rekomendasi tersebut hanya sejauh 4 kilometer dari pusat erupsi dan sektoral 5 kilometer ke arah barat laut hingga utara dan timur laut.

Namun, hari ini, jarak rekomendasi itu diperluas sejauh 1 kilometer menjadi radius 5 kilometer dari pusat erupsi serta sektoral 6 kilometer pada arah utara hingga timur laut.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close