Episkop Daniel dari Nikopolis Resmi Jadi Ketum Gereja Ortodoks Indonesia

Nusantaratv.com - 24 Agustus 2023

Episkop Daniel dari Nikopolis resmi jadi Ketum Gereja Ortodoks Indonesia/Nusantaratv.com
Episkop Daniel dari Nikopolis resmi jadi Ketum Gereja Ortodoks Indonesia/Nusantaratv.com

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Melalui acara Syukuran Penahbisan, YM. Episkop Daniel dari Nikopolis secara resmi menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Gereja Ortodoks Indonesia (GOI).

Menurut YM. Episkop Daniel dari Nikopolis, penahbisan dirinya merupakan peristiwa bersejarah bagi perjalanan Gereja Ortodoks Indonesia. Sebab selama 2000 tahun, baru saat ini ada orang Indonesia yang menjadi Episkop Gereja Ortodoks Indonesia.

 

"Acara ini untuk mengucapkan syukur kepada Tuhan, bahwa usaha kita selama 35 tahun sudah membuahkan hasil. Bersyukur karena selama 2000 tahun selama sejarahnya ada orang Indonesia asli yang menjadi Episkop Gereja Ortodoks Indonesia." ujar Episkop Daniel di kawasan Puri Kembangan, Jakarta Barat, Kamis (24/8/202).

Episkop Daniel menegaskan kembali, bahwa penetapan ini bukanlah ambisi pribadinya yang ingin menjadi Episkop Gereja Ortodoks Indonesia. 

"Bukan itu tujuannya. Tetapi, agar ketika saya dipanggil Tuhan, ada anak-cucu kita yang melanjutkan estafet pelayanan ini. Dengan demikian Gereja Ortodoks akan jadi milik orang Indonesia bukan milik orang asing.

Dengan penahbisan ini juga Episkop Daniel berharap kiranya keberadaan Gereja Ortodoks Indonesia dapat memberikan sumbangsih kepada bangsa, negara dan masyarakat. 

"Semoga bisa berkontribusi kepada perdamaian, kesatuan dan perkembangan negara ini. Bisa menyumbangkan kebhinnekaan yang damai, saling bantu, tanpa kompromi, merangkul tanpa kefanatikan, kebhinnekaan dalam kasih." lanjutnya.

Terkait pelaksanaan Pemilu 2024, Episkop Daniel mengimbau agar kiranya memilih pemimpin yang mampu menyatukan bukan memecah belah bangsa.

"Pilihlah pemimpin yang bisa menyatukan bangsa ini bukan pemimpin yang memecah belah. Pilihlah pemimpin yang cinta kepada rakyat, yang mementingkan rakyat bukan diri sendiri." tutup Episkop Daniel.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama RI,
Dr Jeane Marie Tulung, S.Th, M.Pd menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya Episkop Daniel untuk memimpin Gereja Ortodoks Indonesia. 

Jeane Marie Tulung berharap, dibawah kepemimpinan Episkop Daniel, Gereja Ortodoks Indonesia makin berkembang dan makin pula meningkatkan pelayanan kepada umatnya.

"Kami dari Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama RI menyampaikan selamat dan sukses kepada Yang Mulia Episkop Daniel dari Nikopolis yang telah ditahbiskan sebagai Episkop atau ketua umum Gereja Ortodoks Indonesia. Kiranya Gereja Ortodoks Indonesia dibawah kepemimpinan Episkop Daniel semakin berkembang dan tentunya makin meningkatkan pelayanannya bagi umat Gereja Ortodoks Indonesia." ujar Jeane Marie Tulung ditemui di tempat yang sama.

Selain syukuran Penahbisan, YM. Episkop Daniel dari Nikopolis, juga akan dilaksanakan Musyawarah Nasional (Munas) Gereja Ortodoks Indonesia.***

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close