Empat Roket Ditembakkan ke Pangkalan Militer Turki di Irak Utara

Nusantaratv.com - 25 April 2022

Pangkalan militer Turki di utara kota Mosul, Irak utara. (npasyria)
Pangkalan militer Turki di utara kota Mosul, Irak utara. (npasyria)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Empat roket Katyusha mendarat di dekat pangkalan militer Turki di provinsi Nineveh di Irak utara pada Minggu (24/4/2022) tanpa menimbulkan korban, kata seorang pejabat setempat.

Roket-roket itu, yang ditembakkan oleh gerilyawan tak dikenal pada malam hari, menargetkan pangkalan Bashiqa yang menampung pasukan Turki di daerah Zlikan sekitar 400 km utara Baghdad, Mohammed Amin Gharib, Wali Kota daerah Zlikan, seperti dikutip dari Xinhua, Senin (25/4/2022).

Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan roket itu. Irak telah berulang kali menuduh Turki melanggar kedaulatannya dengan memasuki wilayahnya tanpa izin, termasuk kehadiran militer Turki di pangkalan Bashiqa.

Pada 18 April, pasukan Turki meluncurkan operasi lintas perbatasan darat dan udara baru melawan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang di Irak utara. PKK, yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, telah memberontak melawan pemerintah Turki selama lebih dari 30 tahun.

Turki secara rutin melakukan operasi lintas perbatasan di pangkalan PKK di Irak utara, meskipun mendapatkan protes berulang kali dari Irak. (Rafli Dwidani)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close