Eks PM Inggris Komitmen Bantu Bangun IKN

Nusantaratv.com - 02 Juni 2022

Eks PM Inggris Tony Blair. (Net)
Eks PM Inggris Tony Blair. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Tony Blair menegaskan komitmen serta kesediaannya untuk terus membantu Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam proses pembangunan ibu kota baru. Termasuk dengan mewartakan potensi ibu kota baru itu kepada audiens internasional.

Ini disampaikannya kala bertemu dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di Jakarta, Rabu (1/6/2022). Dalam pertemuan, Bambang menjelaskan mengenai One Map, One Plan, One Policy (1MPP) sebagai bentuk perencanaan IKN terintegrasi yang merupakan hasil konsolidasi seluruh perencanaan aktivitas kementerian/lembaga terkait dengan IKN.

Di samping itu, Bambang menjelaskan OIKN secara intensif terus menjalankan kegiatan 4K (Komunikasi, Koordinasi, Konsolidasi dan Kolaborasi) dalam pelaksanaan wewenang OIKN untuk persiapan dan pelaksanaan pembangunan ibukota negara Indonesia yang baru.

"Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan IKN tetap mengedepankan prinsip ESG (environmental, social, and governance) sebagai kota global yang smart, sustainable, inclusive, dan resilient," ujar Bambang. 

Kedua belah pihak berdiskusi membahas langkah-langkah strategis dan taktis untuk persiapan dan pelaksanaan pembangunan IKN, terutama terkait foreign direct investment ke IKN. Dalam pertemuan tersebut, Bambang juga mengundang Blair untuk berkunjung ke lokasi IKN.

"Kami mengundang beliau untuk melakukan kunjungan kerja lapangan ke IKN pada September mendatang. Beliau menyambut baik undangan tersebut dan akan mengatur jadwal untuk itu," jelasnya.

Saat ini, Otoritas IKN tengah mengembangkan masterplan Nusantara yang mencerminkan teknologi mutakhir, dengan fokus pada inovasi dan menciptakan ekosistem yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Inovasi tersebut juga dimaksudkan untuk menciptakan model baru pengelolaan kota masa depan yang terhubung secara digital yang layak secara ekonomi, diinginkan secara sosial, dan berkelanjutan secara lingkungan.

Tony Blair dengan lembaga Tony Blair Institute (TBI) for Global Change aktif melaksanakan kajian serta memberikan perhatian khusus tentang Indonesia.

Blair pun merupakan pihak yang dipercaya dan memiliki hubungan baik dengan para investor. Selama kunjungannya ke Indonesia, Blair didampingi antara lain Executive Directors TBI Husain Abdullah dan Anand Pillai.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close