Eks Ketua KPK yang Ngaku Diomelin Jokowi Jadi Caleg Gagal

Nusantaratv.com - 11 Maret 2024

Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo. (Antara)
Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo gagal lolos pemilihan legislatif (pileg) DPD RI. Ia kalah oleh Ketua DPD periode 2019-2024 La Nyalla Mattalitti, Ahmad Nawardi, sampai keponakan Khofifah Indar Parawansa, Lia Istifhama.

Diketahui, KPU Jawa Timur (Jatim) telah menyelesaikan rekapitulasi suara Pemilu 2024. Hasilnya, ada empat nama dari 13 nama caleg DPD RI yang melenggang ke Senayan.

"Alhamdulillah hari ini terakhir kita menyelenggarakan rekapitulasi tingkat provinsi dan 38 kabupaten/kota sudah selesai membacakan hasil rekapitulasi masing-masing di tingkat kabupaten/kota di hadapan rapat pleno provinsi untuk 11 daerah pemilihan DPR RI dan 14 daerah pemilihan DPRD Provinsi, serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, dan daerah pemilihan pemilu perseorangan DPD," ujar Ketua KPU Jatim Aang Kunaifi kepada wartawan di Hotel Shangri-La Surabaya, Senin (11/3/2024). 

Agus gagal lolos DPD RI setelah perolehan suaranya berada di urutan kelima. Sebelumnya, dia sempat unggul dan masuk empat besar suara terbanyak. Kemudian pada saat-saat terakhir, suaranya disalip oleh Nawardi.

Data yang dihimpun, empat sosok calon Anggota DPD RI dari Jatim yang lolos untuk periode 2024-2029 yakni 2 sosok petahana dan 2 nama baru. Inkumben Ahmad Nawardi menjadi calon DPD RI Jatim dengan suara tertinggi. Inkumben dua periode yang juga mantan anggota DPRD Jatim dari PKB ini mendapatkan dukungan sebanyak 3,28 juta suara. Padahal, saat real count sementara, suara Nawardi berada di urutan kelima.

Suara Nawardi melejit di detik-detik terakhir rekapitulasi suara. Suaranya menggila di empat kabupaten di Madura. Suara Ahmad Nawardi bahkan mengungguli perolehan Ketua DPD RI yang saat ini yang maju lagi sebagai calon DPD RI dari Jatim, yakni La Nyalla Mattalitti yang meraih 3,13 juta suara.

Di posisi ketiga ada nama keponakan Gubernur Jatim 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa, yaitu Lia Istifhama yang meraih suara 2,74 juta suara. Lia unggul atas calon DPD RI yang viral yakni Kondang Kusumaning Ayu. Sementara itu, Kondang diketahui meraih 2,54 juta suara dan berada di peringkat ke-4. Sementara mantan Ketua KPK Agus Rahardjo, harus gigit jari. Karena, Agus cuma meraih 2,2 juta suara dan berada di peringkat ke-5.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close