Dukung UMKM, PLN Kolaborasi dengan Angkasa Pura II Sediakan Oleh-oleh Khas Nusantara di Terminal 3 Soetta

Nusantaratv.com - 15 Februari 2024

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran (ketiga kiri) dan Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Sinulingga bersama jajaran manajemen Angkasa Pura II saat peresmian vending machina oleh-oleh khas Nusantara di Terminal 3 Bandara Soetta/ist
General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran (ketiga kiri) dan Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Sinulingga bersama jajaran manajemen Angkasa Pura II saat peresmian vending machina oleh-oleh khas Nusantara di Terminal 3 Bandara Soetta/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN) berkolaborasi dengan Angkasa Pura (AP) II menyediakan oleh-oleh khas Nusantara dalam vending machine di Terminal 3 Kedatangan Domestik Bandara Soekarno Hatta. 

Kehadiran vending machine ini sebagai wujud nyata mendukung peningkatan penjualan para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sekaligus menjadi solusi bagi para pelancong.

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran saat peresmian vending machine di Soetta mengatakan terdapat 16 produk makanan ringan khas nusantara yang dijual di 'vending machine' ini. Di mana 11 diantaranya merupakan UMKM Binaan PLN dan 5 lainnya merupakan UMKM Binaan AP II. 

“11 produk unggulan UMKM Binaan PLN ini telah diseleksi dari 479 UMKM Binaan PLN UID Jakarta Raya yang tergabung di Hub UMK Jakarta Raya,” jelas Lasiran, Kamis (15/2/2024).

Beberapa makanan ringan oleh-oleh khas nusantara yang dijual pada vending machine ini di antaranya kembang goyang, biji ketapang, rendang sapi, brownis kering, stik tahu, kentang mustofa, hingga spikuk.

Lasiran menambahkan produk UMKM Binaan PLN yang dijual di vending machine telah lolos kurasi produk unggulan dari Hub UMK Jakarta Raya.

“Produk yang dijual ini sudah mendapat pendampingan dan pelatihan terkait 'packaging' tersertifikasi halal, tersertifikasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), tersertifikasi PIRT (Produksi Industri Rumah Tangga), dan juga HAKI. Jadi aman sekali buat dikonsumsi,” jelasnya.

Ke depan, PLN berkomitmen untuk menambah vending machine lainnya di lokasi-lokasi yang strategis sebagai bentuk dukungan bagi UMKM dalam memperluas pasar, meningkatkan omset, serta mengembangkan perekonomian Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa kegiatan ini didasari semangat antar BUMN untuk berkolaborasi untuk pengembangan UMKM.

“Kehadiran vending machine ini membantu para UMKM untuk memasarkan produknya secara lebih masif dan luas. Apalagi lokasi ini sangat strategis, banyak orang habis bepergian dari mana-mana lewat sini,” tukas Arya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close