Duh! Singapura Catat Kasus Cacar Monyet Lokal Pertama

Nusantaratv.com - 07 Juli 2022

Ilustrasi cacar monyet. (Reuters)
Ilustrasi cacar monyet. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Kementerian Kesehatan Singapura telah mengonfirmasi satu kasus infeksi lokal pertama dari cacar monyet (monkeypox) pada Rabu (6/7/2022). 

Kasus infeksi lokal melibatkan pria berkebangsaan Malaysia berusia 45 tahun yang berdomisili di Singapura, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (7/7/2022). Dia dinyatakan positif cacar monyet pada Rabu (6/7/2022), dan saat ini dirawat di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID).

Kementerian mengatakan kondisi pasien tersebut dalam keadaan stabil, dan kasus ini tidak terkait dengan kasus impor yang diumumkan pada 21 Juni lalu. Kementerian juga menyebut pasien pertama kali mengembangkan lesi kulit di bagian perut bawah pada 30 Juni. Kemudian mengalami kelelahan dan pembengkakan kelenjar getah bening pada 2 Juli.

Pada Senin (4/7/2022), dia mengalami demam dan sakit tenggorokan sehingga mencari perawatan medis. Tes awal menunjukkan dia menderita penyakit lain. Namun ketika tes menunjukkan positif cacar monyet, pasien langsung dibawa ke NCID dan diisolasi untuk penilaian lebih lanjut.

Kementerian mengatakan tiga kontak dekat telah diidentifikasi, melibatkan dua rekan serumah dan satu kontak sosial. Semua kontak dekat akan ditempatkan di karantina selama 21 hari sejak kontak terakhir mereka dengan kasus tersebut.

Kementerian menambahkan cacar monyet biasanya merupakan penyakit yang membatasi diri di mana pasien pulih dalam dua hingga empat pekan. Sebagian kecil dari mereka yang terinfeksi dapat mengalami sakit parah atau bahkan meninggal.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close