Duh! Ekstremis Hindu Mau Lenyapkan Taj Mahal dan Sejumlah Situs Muslim di India

Nusantaratv.com - 20 Mei 2022

Taj Mahal di India/ist
Taj Mahal di India/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Ekstremis Hindu di India kembali berulah. Mereka mau melenyapkan sejumlah situs muslim di India, termasuk Taj Mahal.

Mereka mengklaim Taj Mahal merupakan situs yang dibangun di atas kuil Hindu.

Mereka percaya istana megah itu dibuat oleh Kaisar Mughal Shah Jahan di wilayah kuil Siwa.

"Itu dihancurkan oleh penjajah Mughal sehingga sebuah masjid dapat dibangun di sana," kata juru bicara organisasi Hindu garis keras India, Masabha, Sanjay Jat.

Bahkan kelompok ekstremis itu membuat petisi yang mendesak Survei Arkeologi India (ASI) untuk membuka 20 ruangan di Taj Mahal. Menurut mereka, ruangan tersebut menyimpan barang-barang berhala Hindu.

ASI membantah tuduhan tersebut dan pengadilan juga menolak petisi itu. Walaupun telah ditolak, Jat dan kelompoknya menegaskan tak akan menyerah.

"Saya bakal terus memperjuangkan hal ini sampai saya mati," kata Jat.

"Kami menghargai pengadilan tetapi bila diperlukan, kami akan menghancurkan Taj Mahal dan membuktikan keberadaan kuil di sana," imbuhnya.

Sementara itu, seorang profesor sejarah Asia Selatan di Universitas Rutgers, Audrey Truschke, mengatakan klaim atas Taj Mahal itu tak masuk akal.

Baca juga: Ngeri! Dihantui Mimpi Buruk, Gerombolan Pencuri di India Kembalikan Patung Jarahannya

"Sejauh yang saya pahami, tidak ada teori koheren terkait Taj Mahal yang terlibat dalam wacana ini. Namun, yang terlibat adalah kebanggaan [kelompok] nasionalis yang heboh dan rapuh, yang tak mengizinkan apapun yang bukan Hindu menjadi bagian India dan desakan untuk menghapus bagian Islam dari warisan India," kata Audrey.

Selain Taj Mahal, para ekstremis juga dikabarkan bakal menyerang Gyanvapi, Varanasi, India. Penyerangan ini muncul setelah beredar laporan keberadaan shivalinga di masjid itu.

Shivalinga merupakan simbol dewa Siwa bagi umat Hindu.

"Ini berarti itu [masjid] adalah situs kuil," kata menteri pemerintah Kaushal Kishore, yang berasal dari partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP), mengutip CNNIndonesiacom.

Kelompok ekstremis juga disebut bakal menyasar masjid Ayodhya, yang mereka percaya dibangun di tanah kelahiran Rama, dewa Hindu lain.

Serta masjid Shahi Idgah di Mathura, yang kini menjadi sasaran penghancuran kelompok ekstremis. Masjid itu dibangun oleh Kaisar Mughal Aurangzeb pada 1670 dan berada dekat dengan tempat yang dipercaya merupakan tanah kelahiran dewa Krishna.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])