Dubes Rosan Paparkan Peluang Ekonomi Digital Kawasan ASEAN di Acara KADIN Amerika

Nusantaratv.com - 27 Januari 2023

Dubes Rosan saat paparkan peluang ekonomi digital kawasan ASEAN di acara KADIN Amerika/Instagram
Dubes Rosan saat paparkan peluang ekonomi digital kawasan ASEAN di acara KADIN Amerika/Instagram

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - KADIN Amerika Serikat menggelar acara bertema ‘Unlocking Southeast Asia’s Trillion Dollar Digital Opportunity’. Pada kesempatan itu, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Perkasa Roeslani menyampaikan paparannya mengenai peluang ekonomi digital di kawasan ASEAN.

Menurut Dubes Rosan, selama 2022 ekonomi di kawasan ASEAN mengalami perkembangan yang baik hingga mencapai tahun 2030. 

"Dari laporan SEA-Economic Report 2022 saya mendapat fakta menarik dan kemudian saya pelajari bahwa pada tahun 2022, ekonomi digital Asia Tenggara saja sudah mencapai US$200 miliar dalam Gross Merchandise Value (GMV). Diperkirakan pada tahun 2030 pertumbuhannya akan mencapai US$600 miliar - US$1 triliun." tulis Dubes Rosan dikutip dari Instagramnya, Jumat (27/1/2023).

Terkait Indonesia menjadi Ketua ASEAN 2023, Dubes Rosan mengatakan jika laporan di atas sudah relevan.

"Laporan ini relevan, tepat waktu, dan penting karena ke depan bersamaan dengan Indonesia menjadi Ketua ASEAN 2023." paparnya lagi.

Selama dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi, ekonomi digital di kawasan ASEAN menurut Dubes Rosan makin tumbuh dan berkembang dengan pesat.

"Indonesia selama Pemerintahan Jokowi yang memasuki dua periode ini fokus mengembangkan ekonomi digital. Selain potensi domestik, peluang ekonomi digital di kawasan ASEAN akan terus tumbuh dan berkembang dan menawarkan peluang tanpa akhir untuk membangun ekosistem digital di kawasan ini."

"Sebagai Ketua ASEAN tahun 2023, Indonesia juga menekankan bahwa investasi infrastruktur digital, komitmen untuk bekerja dan menyelesaikan masalah melalui kerangka kebijakan dan keamanan yang lebih solid, serta pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan di sektor digital dan teknologi menjadi lebih penting dari sebelumnya." pungkas Dubes Rosan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])