Dubes Rosan Dorong UMKM Tembus Pasar Amerika

Nusantaratv.com - 20 Mei 2022

Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani dalam acara Hipmi International Business Forum/Sindonews
Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani dalam acara Hipmi International Business Forum/Sindonews

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Rosan Perkasa Roeslani mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Indonesia bisa tembus ke pasar Amerika dengan pemanfaatan platform digital sebagai media berdagang.

Hal tersebut disampaikan Dubes Rosan dalam acara Hipmi International Business Forum, Kamis (19/5/2022). Pada kesempatan itu, mantan Ketum Kadin itu mengungkapkan bahwa saat ini baru sekitar 21 persen UMKM yang memanfaatkan platform digital. 

"Pemanfaatkan platform digital merupakan langkah yang adaptif bagi UMKM kita. Namun disayangkan, sekarang ini baru 21% UMKM yang memanfaatkan platform digital," ujarnya, dikutip Jumat (20/5/2022).

Dubes Rosan juga menyampaikan bahwa produk UMKM juga berpeluang menembus pasar global dengan memanfaatkan platform digital, salah satunya INA Access yang merupakan platform sebagai sarana promosi global, peningkatan perdagangan, dan investasi.

"Jadi, Kementerian Luar Negeri telah meluncurkan platform digital yang diberi nama INA Access itu sejak 2021. UMKM kita bisa banget manfaatkan itu supaya produk lokal bisa makin banyak tembus pasar global," tandas Dubes Rosan.

Menurutnya, pasca pandemi tren belanja di Amerika Serikat melalui platform digital meningkat signifikan. Tahun 2021 tercatat nilai transaksinya hingga USD870 miliar atau naik 14,2% dari tahun sebelumnya. Tahun ini diproyeksikan nilai e-commerce di AS mencapai USD 1 triliun atau setara GDP Indonesia selama setahun.

Dubes Rosan menambahkan, sejumlah riset juga menunjukkan bahwa masyarakat di AS sudah mengurangi belanja offline. "Ini jadi gambaran untuk Indonesia supaya bisa lebih memanfaatkan platform digital," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close