Dubes Rosan dan Menteri Bahlil Saksikan Penandatanganan Kerjasama SEG Solar Inc dengan KITB

Nusantaratv.com - 26 Juni 2023

Dubes Rosan dan Menteri Bahlil saksikan penandatanganan kerjasama SEG Solar Inc dengan KITB/Instagram
Dubes Rosan dan Menteri Bahlil saksikan penandatanganan kerjasama SEG Solar Inc dengan KITB/Instagram

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Bersama Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani menyaksikan secara langsung penandatanganan kerjasama antara SEG Solar Inc. dengan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan langsung oleh Dubes Rosan lewat unggahannya di Instagram, Minggu (25/6/2023).

"Menutup akhir pekan ini saya bersama Pak@bahlillahadia Menteri Investasi Indonesia, kemarin mengadakan pertemuan sekaligus menyaksikan penandatanganan kerja sama antara SEG Solar Inc. dengan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Jawa Tengah." ujar Dubes Rosan dikutip dari Instagramnya.

Dubes Rosan menjelaskan, SEG Solar Inc. yang merupakan perusahaan produsen panel dan modul surya yang didirikan pada tahun 2016 dan berkantor pusat di Houston, Texas, Amerika Serikat, akan memproduksi bahan setengah jadi yang diproduksi oleh KITB.

"SEG Solar Inc. rencananya akan memproduksi bahan setengah jadi di KITB. Bahan itu selain akan dipasok untuk Amerika juga akan diekspor ke negara lainnya."

Ditambahkan Dubes Rosan, pemandangan kerjasama ini juga untuk menjalankan program hilirisasi yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo. 

"Dengan investasi sebesar US$500 juta, komitmen SEG Solar Inc. selaras dengan fokus strategis Indonesia pada hilirisasi industri, transisi energi, dan memposisikan diri sebagai pusat rantai pasokan energi hijau." lanjut mantan Ketum Kadin itu. 

Amerika Serikat sendiri menurut Dubes Rosan menempati posisi ke-6 sebagai negara besar yang berinvestasi di Indonesia. 

"Saat ini Amerika Serikat menempati peringkat ke-6 negara dengan realisasi investasi terbesar di Indonesia dengan total investasi US$9,4 miliar selama periode 2018 hingga triwulan pertama 2023."

"Penandatangan kerja sama ini memperkuat keyakinan kami untuk dapat menarik lebih banyak investasi dari perusahaan-perusahaan AS ke Indonesia di masa mendatang." tutup Dubes Rosan.*

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close