Dubes RI, Rektor UNY Promosikan Pendidikan Tinggi Indonesia di Kenya

Nusantaratv.com - 19 Desember 2022

Duta Besar RI untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin bersama Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sumaryanto bertemu dengan pemuda-pemudi Kenya di Umma University pada Jumat (16/12/2022). (ANTARA/HO-KBRI Nairobi)
Duta Besar RI untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin bersama Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sumaryanto bertemu dengan pemuda-pemudi Kenya di Umma University pada Jumat (16/12/2022). (ANTARA/HO-KBRI Nairobi)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Duta Besar RI untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin bersama dengan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sumaryanto menggencarkan promosi pendidikan tinggi Indonesia di Kenya.

"Diplomasi pendidikan merupakan salah satu prioritas utama kami di perwakilan dan kami sangat gencar memperkenalkan kampus-kampus di Indonesia kepada warga Kenya dan negara akreditasi lainnya," kata Dubes Hery, menurut keterangan KBRI Nairobi yang diterima pada Senin.

Dia menyampaikan hal itu dalam pertemuan pemuda-pemudi Kenya dengan Rektor UNY yang tengah berkunjung ke negara itu pada Jumat (16/12).

Menurut Hery, KBRI Nairobi sangat berperan penting dalam memfasilitasi dan menjembatani kunjungan untuk promosi pendidikan tinggi di Indonesia dengan mempertemukan pihak-pihak terkait di berbagai universitas di Kenya.

Umma University menjadi salah satu kampus yang dikunjungi delegasi UNY, Dubes RI dan Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya KBRI Nairobi Sabriana Jayaputri.

Kunjungan mereka bertujuan untuk promosi program pendidikan, termasuk beasiswa untuk berbagai program strata yang ditawarkan oleh UNY kepada para calon mahasiswa dari Afrika Timur.

Kunjungan itu juga ditujukan untuk memperluas jejaring kerja sama dengan mitra universitas di Afrika Timur, khususnya Kenya.

Selain kunjungan ke Umma University, diskusi secara daring juga digelar antara UNY dengan Dekan Chandaria School of Business United States International University - Africa Timothy Okech dan beberapa dosen dari Kenyatta University dalam temu pemuda-pemudi Kenya.

Kunjungan delegasi UNY itu menghasilkan beberapa rancangan kerja sama dalam kerangka "Sister University Cooperation", salah satunya dilakukan dengan pihak Umma University.

Generasi muda Kenya yang hadir dalam pertemuan dengan Rektor UNY menunjukkan ketertarikan mereka untuk mempelajari seni budaya Indonesia yang menjadi bagian program yang ditawarkan, kata KBRI Nairobi dalam keterangannya.

Dubes Hery menegaskan bahwa kerja sama pendidikan, termasuk pemberian berbagai program beasiswa, menjadi aset penting dalam mendidik dan melahirkan generasi muda penerus yang berpotensi menjadi pemimpin pada masa mendatang.

"Pendidikan menjadi pilar terpenting dalam menciptakan bibit unggul para calon pemimpin bangsa yang akan meneruskan memperkokoh kerjasama bilateral Indonesia dan Kenya secara lebih produktif lagi," kata dia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])