Dua Gereja Nigeria Diserang Kelompok Bersenjata, 3 Jemaat Tewas

Nusantaratv.com - 20 Juni 2022

Garis polisi terlihat di depan Gereja Katolik St. Francis di mana orang-orang bersenjata menyerang jemaah saat misa Minggu di Owo, Ondo, Nigeria, 6 Juni 2022. (Temilade Adelaja/Reuters)
Garis polisi terlihat di depan Gereja Katolik St. Francis di mana orang-orang bersenjata menyerang jemaah saat misa Minggu di Owo, Ondo, Nigeria, 6 Juni 2022. (Temilade Adelaja/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Tiga orang jemaat ditembak mati di Nigeria barat laut pada Minggu (19/6/2022) setelah sejumlah pria bersenjata menyerang dua gereja di wilayah yang bergejolak itu, menurut saksi mata dan seorang pejabat negara.

Insiden yang merenggut korban jiwa itu merupakan kekerasan terbaru dari serangkaian peristiwa yang kebanyakan menarget wilayah terpencil. Salah seorang warga yang tinggal tak jauh dari lokasi tersebut, Usman Danladi mengungkapkan, ketika para jemaat berada di Gereja Baptis Maranatha dan Gereja Katolik St. Moses di permukiman Rubu, kota Kaduna pada Minggu (19/6/2022) pagi waktu setempat, untuk menghadiri kebaktikan, para penyerang datang dan mengepung kedua gereja yang terletak di area yang sama.

"Sebagian pelaku mulai menyerang di bagian dalam gereja, kemudian yang lainnya memasuki area lain," ujar Danladi, seperti dikutip dari The Associated Press (AP), Senin (20/6/2022). 

Sementara itu, Komisaris Kaduna untuk Keamanan, Samuel Aruwan mengatakan, patroli keamanan dilakukan di area umum, dan penyelidikan masih berlangsung.

Hingga kini masih belum jelas siapa yang berada di balik serangan kedua gereja tersebut. Sedangkan Asosiasi Kristen Nigeria mengecam keras serangan pada Minggu (19/6/2022), dan mengatakan gereja-gereja di Nigeria telah menjadi 'target' kelompok bersenjata.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close