DPR Minta Polisi Usut Pembuat Foto Stupa Borobudur Mirip Jokowi

Nusantaratv.com - 14 Juni 2022

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Anggota DPR RI Fraksi PKB Daniel Johan, yang juga merupakan umat Buddha, menyoroti viralnya foto stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Daniel geram dan menilai hal tersebut menghina simbol agama.

"Harus ditindak dan proses hukum karena telah menghina simbol agama yaitu Rupang Buddha, entah itu editan dari siapa," kata Daniel, Selasa (14/6/2022).

Daniel meminta tim siber Polri melacak pembuat foto editan stupa itu. Daniel menekankan Rupang Buddha sakral dan disucikan umat Buddha.

"Tinggal tim siber Polri harus memastikan dan melacak pelaku pengedit. Tentu sangat tidak etis mempublikasi hal tersebut karena Rupang Buddha adalah sakral dan disucikan umat," jelas Wasekjen PKB itu.

"Kita meminta Polri untuk tegas mengusut tuntas," sambungnya. 

Daniel pun berbicara mengenai foto editan stupa Candi Borobudur menjadi mirip Jokowi yang diunggah Roy Suryo. Ia mengatakan Roy Suryo harus meminta maaf kepada publik lantaran sudah mengunggah ulang foto itu.

"Dalam hal ini Pak Roy Suryo yang mengunggah ulang foto tersebut ke laman Twitter untuk meminta maaf secara terbuka kepada umat Buddha," jelasnya.

Sebelumnya, Roy Suryo mengunggah foto editan stupa Candi Borobudur yang wajahnya sudah diedit mirip Presiden Jokowi.

Roy Suryo lalu disorot netizen setelah unggahannya di Twitter viral. Unggahan bertanggal Jumat (10/6/2022) itu menampilkan meme stupa candi Borobudur yang sudah diedit wajahnya jadi mirip presiden Jokowi.

Dalam unggahan tersebut, Roy Suryo menyinggung soal kenaikan harga tiket naik ke candi Borobudur jadi Rp 750 ribu. Ada dua meme yang diunggah Roy Suryo saat itu.

"Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salah satu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x 🤣 AMBYAR," cuit Roy Suryo.

"Pantas saja tiketnya mahal. Ternyata Opung sudah buat patung "I Gede Utange Jokowi" untuk tambahan dana bangun IKN," demikian tulisan di salah satu meme yang diunggah Roy Suryo. Kini, Roy Suryo sudah menghapus cuitannya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close