DonCast: Komaruddin Hidayat: Kampus Bingung Mengajarkan Etika Demokrasi Kepada Mahasiswa

Nusantaratv.com - 06 September 2024

Cendekiawan Muslim Komaruddin Hidayat saat menjadi bintang tamu program DonCast yang dipandu jurnalis senior Nusantara TV, Don Bosco Selamun dan Donny de Keizer, Kamis, 5 September 2024.
Cendekiawan Muslim Komaruddin Hidayat saat menjadi bintang tamu program DonCast yang dipandu jurnalis senior Nusantara TV, Don Bosco Selamun dan Donny de Keizer, Kamis, 5 September 2024.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang menerapkan demokrasi dalam kehidupan bernegara masyarakatnya. 

Cendekiawan Muslim Komaruddin Hidayat mengatakan, Indonesia dengan segala kekurangannya adalah negara yang memiliki komitmen terhadap demokrasi.

"Sebab tidak mungkin sistem yang lain cocok kecuali demokrasi. Ini harus kita terima dulu," ujar Komaruddin.

Hal itu disampaikannya saat menjadi bintang tamu program DonCast yang dipandu jurnalis senior Nusantara TV, Don Bosco Selamun dan Donny de Keizer, Kamis, 5 September 2024.

Dia menilai kritik yang dilakukan bukan pada sistem demokrasinya, melainkan terhadap pelaksanaan demokrasinya.

"Sekarang ini bahkan di beberapa kampus, di (Universitas) Gadjah Mada, Universitas Indonesia, 'kami itu bingung mengajarkan etika demokrasi kepada mahasiswa', karena yang mestinya menjadi role model dosen politik demokrasi, kok terlibat merusak demokrasi," imbuhnya.

Hal itu diungkapkan Komaruddin adalah sebagai wujud kritik kekecewaan terhadap praktik demokrasi.

"Itu kampus di mana saja, dan siapa yang dituju, ya bisa siapa saja, karena banyak orang-orang kampus, teman-teman saya setelah pindah ke sana, kok berubah ya. Lalu orang bertanya, 'Ini aslinya atau memang berubah kelamin'," tukas Komaruddin.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close