DLH Dharmasraya Kerahkan Petugas Kebersihan Selama MTQ

Nusantaratv.com - 18 November 2022

DLH Dharmasraya menyerahkan tempat sampah untuk penanganan sampah di lokasi MTQ Nasional tingkat Kabupaten Dharmasraya, Kamis (17/11/2022). (ANTARA/HO-DLH Dharmasraya)
DLH Dharmasraya menyerahkan tempat sampah untuk penanganan sampah di lokasi MTQ Nasional tingkat Kabupaten Dharmasraya, Kamis (17/11/2022). (ANTARA/HO-DLH Dharmasraya)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com -
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) mengerahkan sejumlah petugas kebersihan untuk penanganan sampah selama pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), 17-19 November 2022.

Kepala DLH Dharmasraya Budi Waluyo di Pulau Punjung, Jumat, mengatakan langkah tersebut sebagai upaya menyukseskan MTQ Nasional XI tingkat Kabupaten Dharmasraya yang berlangsung di Kecamatan Padang Laweh.
 
"Karena jumlah personel kita terbatas, untuk penanganan sampah di lokasi MTQ kita mulai dari siang setelah petugas melakukan penanganan sampah rutin setiap pagi," katanya.
 
DLH menilai volume sampah akan meningkat selama MTQ yang dipusatkan di Nagari Sopan Jaya, Kecamatan Padang Laweh.

Pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengatasi persoalan sampah di pusat lokasi kegiatan.
 
Untuk mendukung hal tersebut, pihaknya menyiagakan satu kendaraan angkutan sampah, agar sampah bisa segera terangkut dari lokasi dan tidak menimbulkan aroma menyengat yang dapat mengganggu kenyamanan peserta.

Selain itu, pihaknya sudah menyediakan tempat-tempat sampah agar pemilihan sampah dapat dilakukan sejak awal, sehingga akan memudahkan petugas untuk mengangkut ke tempat penampungan sementara atau kontainer yang tersedia.
 
"Kita juga bekerja sama dengan pihak pemerintah nagari agar bagaimana penanganan sampah dapat teratasi dengan baik, masyarakat juga kami ajak agar membuang di tempat yang sudah disediakan," katanya.
 
Kepala Dinas Kominfo Dharmasraya Rovanly Abdams mengatakan MTQ telah dibuka secara resmi oleh Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan pada Kamis (17/11) dengan pelaksanaan selama 17-19 November 2022.
 
Pemkab Dharmasraya berharap, MTQ dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Islam, serta menjadikan Al Quran sebagai bacaan sekaligus petunjuk jalan dan pedoman hidup.
 
Selain itu, kata dia, MTQ dapat dijadikan sebagai tonggak dalam rangka membina qari dan qariah, hafiz dan hafizah untuk lebih berkualitas dan mampu bersaing pada MTQ tingkat provinsi maupun nasional.
 
"Kepada pengurus LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an) juga saya minta untuk segera menyusun program strategis dan terencana dalam pembinaan qari dan qariah ke depan," tambah dia.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close