Dituding Titipkan Mahasiswa ke Unila, Anak Wapres Siti Ma'rifah: Saya Difitnah, Betul-betul Tidak Kenal!

Nusantaratv.com - 13 April 2023

Putri sulung Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin, Siti Ma'rifah. (Istimewa)
Putri sulung Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin, Siti Ma'rifah. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Eks Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof Karomani menuding putri sulung Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin, Siti Ma'rifah turut menitipkan seorang calon mahasiswa untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Universitas Lampung (Unila).

Siti Ma'rifah merespon dan membantah tuduhan tersebut. Dia mengaku merasa difitnah oleh terdakwa kasus suap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila itu.

"Terus terang saya merasa difitnah, karena betul-betul tidak kenal semuanya kecuali dengan Prof Karomani. Itupun pada masa-masa Pilpres dulu," ucap Siti Ma'rifah, belum lama ini.

Diakuinya, jika dirinya mengenal Karomani pada masa kampanye Pilpres 2019. Siti Ma'rifah mengenalnya saat menghadiri kegiatan seminar serta istigasah di Lampung.

Dia mengaku pernah ditanya oleh Karomani apakah dirinya menitipkan calon mahasiswa di Fakultas Kedokteran Unila. Mendengar pertanyaan Karomani itu, Siti Ma'rifah langsung membantahnya. "Saya jawab tidak, karena memang saya tidak pernah titip untuk jadi mahasiswa di sana," imbuh Siti Ma'rifah.

Sebenarnya, kata Siti Ma'rifah, hal ini bisa ditelusuri dan dicari siapa pihak yang menitipkan calon mahasiswa tersebut. Belakangan, Siti Ma'rifah mengetahui dari pemberitaan media massa jika calon mahasiswa yang dititipkan tersebut kabarnya merupakan anak salah satu anggota DPRD. 

Kendati demikian, Siti Ma'rifah menegaskan tidak mengetahui calon mahasiswa yang dititipkan tersebut. "Saya lebih tidak tahu lagi karena memang saya tidak di politik dan tidak kenal baik anak maupun orang tuanya," tambahnya.

Sebelumnya, pada sidang lanjutan kasus suap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila yang berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Tanjung Karang, Bandar Lampung, Kamis (6/4/2023), Karomani menuding Siti Ma'rifah turut menitipkan seorang mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran Unila.

Jaksa KPK Agus Presetya Raharha awalnya menampilkan barang bukti berupa catatan nama-nama calon mahasiswa dan orang yang menitipkannya ke Unila. Selanjutnya, Jaksa KPK itu bertanya terkait banyaknya nama-nama besar yang tertera di dalam barang bukti tersebut, termasuk salah satunya tertulis 'Anak Wapres' untuk mahasiswa berinisial MFJ.

Kemudian, Agus menanyakan apakah Karomani bertemu langsung dengan Wapres atas penitipan calon mahasiswa yang dimaksud. Karomani pun menjawab dia hanya bertemu dengan anaknya Wapres yakni Siti Ma'rifah.

"Tidak, saya hanya bertemu dengan anaknya yang bernama Siti Ma'rifah. Karena sama-sama orang Banten," jawab Karomani.

Dalam sidang ini, Karomani menyatakan anak yang diduga titipan Siti Ma'rifah ini tidak diterima di jalur SBMPTN. "Di SBMPTN tidak lulus, lulusnya di jalur SMMPTN (Mandiri)," ujarnya.

Dalam kasus ini, Karomani telah didakwa menerima suap dan gratifikasi senilai Rp6,9 miliar dan 10 ribu dolar Singapura dalam perkara suap Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur SMMPTN dan jalur SBMPTN.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])