Ditemukan Ritual Kemenyan, Sekeluarga Tewas Kalideres Ikut Sekte?

Nusantaratv.com - 30 November 2022

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polisi membeberkan temuan ritual keluarga Kalideres, Jakarta Barat. Sejumlah buku mantra dan kemenyan di rumah itu diduga berkaitan dengan aktivitas ritual keluarga Kalideres.

Selama ini muncul spekulasi keluarga Kalideres berkaitan dengan aliran sekte. Sehingga, apakah ritual ini jadi bukti sekeluarga Kalideres ikut dalam sebuah sekte?

"Jawabannya kami akan berkoordinasi dengan ahli sosiologi agama terkait fenomena ini," ujar Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi, Selasa (29/11/2022).

Hengki Haryadi enggan berspekulasi dugaan keluarga Kalideres ini terlibat sekte. Ia mengatakan hal itu masih didalami para ahli sosiolog.

"Kalau sekte secara umum adalah kelompok keagamaan atau politik yang memisahkan diri dari kelompok yang lebih besar. Biasanya karena pertikaian tentang masalah-masalah doktriner. Nah ini hanya empat orang. Nanti yang jawab ahlinya," kata Hengki.

"Harap bersabar penyelidikan dan penelitian bersama tim ahli masih berlangsung sampai saat ini. Kita juga sedang berkoordinasi dengan ahli sosiologi agama terkait permasalahan ini," imbuhnya.

Hengki sebelumnya mengatakan salah satu korban yang aktif melakukan ritual bernama Budyanto Gunawan (68). Budi merupakan paman dalam keluarga itu.

"Ada kecenderungan salah satu keluarga yang dominan yang mengarah kepada almarhum Budyanto bahwa yang bersangkutan memiliki sikap positif terhadap aktivitas ritual tertentu," kata Hengki.

Aktivitas Budyanto itu diduga diikuti oleh tiga anggota keluarga lainnya yang turut menjadi korban. Para korban itu percaya lewat ritual yang dijalankan hidup mereka akan menjadi lebih baik.

"Hal ini mengakibatkan adanya suatu believe dalam keluarga tersebut bahwa upaya untuk membuat kondisi lebih baik atau mengatasi masalah yang terjadi dalam keluarga dilakukan melalui ritual tertentu," jelas Hengki Haryadi.

Di samping aktivitas ritual, penyidik juga mengungkap temuan baru dari penyelidikan kasus tersebut. Salah satunya temuan buku mantra dan kemenyan.

"Ditemukan juga buku-buku lintas agama serta mantra dan kemenyan," ucap Hengki.

Polisi kini turut melibatkan ahli sosiologi agama untuk meneliti korelasi buku mantra dan kemenyan dengan aktivitas ritual yang dijalankan keluarga Kalideres tersebut.

"Kami akan mengundang ahli sosiologi agama untuk melakukan analisa lebih lanjut terhadap tulisan yang ada di dalam buku serta hubungannya dengan temuan jejak benda-benda di TKP," tandasnya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])