Distrik Depapre harap ada Perbaikan Jalan ke Lokasi Wisata

Nusantaratv.com - 22 Januari 2024

Kepala Distrik Depapre Dolat Abisay (ANTARA/Yudhi Efendi)
Kepala Distrik Depapre Dolat Abisay (ANTARA/Yudhi Efendi)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Kepala Distrik Depapre Dolat Abisay, Papua, mengharapkan tahun ini ada perbaikan ruas jalan yang mengalami kerusakan menuju ke lokasi wisata pantai Amai dan Harlen (Kampung Tablasupa) untuk menunjang pertumbuhan ekonomi warga setempat.

“Jalan ke lokasi wisata perlu diperbaiki sehingga akses masyarakat yang ingin berlibur ke objek wisata di Distrik Depapre berjalan lancar,” kata Kepala Distrik Depapre Dolat Abisay saat dihubungi di Sentani, Papua, Minggu (21/1).

Menurut dia, akses jalan secepatnya diperbaiki sehingga ekonomi masyarakat khususnya orang asli Papua di wilayah tersebut dapat meningkat.

“Masyarakat di wilayah kami itu hidupnya selain dari sektor perikanan juga dari sektor pariwisata, sehingga kalau jalannya tidak diperbaiki maka pendapatan mereka pasti menurun karena wisatawan yang datang berkurang,” ujarnya.

Dia menjelaskan selain jalan wisata, jalan tersebut juga menghubungkan Distrik Depapre dan Distrik Ravenirara di dalam kawasan Tanah Merah, Kabupaten Jayapura, Papua.

“Dua distrik ini (Depapre dan Ravenirara) merupakan daerah wisata karena hampir semua kampung memiliki objek wisata, tetapi akses jalan telah rusak karena termakan usia,” katanya.

Dia menambahkan jalan utama yang diusulkan perbaikan tersebut menghubungkan Kampung Waiya, Doromena, Tablasupa, dan kampung-kampung di Distrik Ravenirara seperti Necheibe, Baru, Yongsu Desoyo dan Yongsu Sapari.

“Kalau jalan poros ini tidak diperbaiki, akan menghambat ekonomi masyarakat karena akses tempat wisata susah dilewati dan dagangan sulit untuk dibawa ke kota, tentu ini menjadi faktor penghambat ekonomi masyarakat di wilayah itu,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Jayapura Alpius Toam mengatakan pihaknya telah mengusulkan untuk peningkatan pekerjaan ruas jalan Depapre-Dormena.

“Ini kebutuhan penting sehingga kita coba usulkan untuk tahun ini ada peningkatan jalan di wilayah itu supaya masyarakat mau ke kota bawa jualannya mudah, termasuk akses ke lokasi pariwisata sehingga ekonomi mereka terus tumbuh,” katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Berita Terkait
cak imin-1724427504
pkb-1724426611
x|close