Distan OKU Sumsel Salurkan 506 Kartu Tani

Nusantaratv.com - 22 November 2022

Pendistribusian Kartu Tani untuk petani di Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU, Sumsel, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/22)
Pendistribusian Kartu Tani untuk petani di Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten OKU, Sumsel, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan menyalurkan sebanyak 506 Kartu Tani untuk petani di beberapa desa di Kecamatan Lubuk Batang.

"Untuk tahap awal Kartu Tani sudah kami distribusikan kepada petani di Kecamatan Lubuk Batang antara lain Desa Belatung, Karta Mulia, Lubuk Batang Baru dan Desa Lubuk Batang Lama," kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian OKU, Agus Paharyono didampingi Kasi Pupuk dan Pestisida, Syahroni di Baturaja, Selasa.

Dia mengatakan, pendistribusian Kartu Tani terus dilakukan pihaknya ke seluruh desa dengan target sebanyak 8.377 keping yang akan disalurkan secara bertahap tahun ini.

"Setelah proses cetak oleh Bank BRI sebagai penyalur Kartu Tani langsung dibagikan kepada seluruh petani pemegang kartu," katanya.

Ia menargetkan hingga akhir Desember 2022 sebanyak 8.377 petani di Kabupaten OKU yang terdaftar di Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) sudah mengantongi Kartu Tani untuk membeli pupuk bersubsidi dari pemerintah.

"Untuk mengejar target kami terus berkoordinasi dengan pihak bank penyalur agar per 1 Januari 2023 nanti seluruh petani di OKU sudah dapat membeli pupuk bersubsidi untuk bercocok tanam," ujarnya.

Dia menjelaskan, Kartu Tani baru yang mulai diterbitkan pada Oktober 2022 ini merupakan pengganti kartu lama bergambar tukang traktor yang sudah tidak berlaku untuk membeli pupuk bersubsidi dari pemerintah.

Para pemegang Kartu Tani lama bergambar tukang traktor dapat melakukan penggantian kartu baru dengan syarat membawa KTP Elektronik, Kartu Keluarga, Kartu Tani lama dan membawa buku rekening ke Kantor BRI Unit di wilayah masing-masing.

"Terkait kendala teknis pada kartu lama sehingga harus diganti baru ini sudah kami sosialisasikan kepada seluruh petani yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU," kata dia.

Ia memastikan Kartu Tani baru masih sama fungsinya yaitu guna mempermudah petani dalam membeli pupuk bersubsidi untuk tanaman dengan harga terjangkau.

Menurut dia, sistem penyaluran pupuk bersubsidi ini tidak lagi dilakukan secara manual, namun dengan sistem elektronik karena dinilai lebih efektif agar bantuan tepat sasaran.

Para petani dapat membeli pupuk dengan harga terjangkau menggunakan Kartu Tani di 39 kios pengecer di Kabupaten OKU yang sudah dilengkapi mesin EDC per 1 Januari 2023.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close