Dispar Sleman Padukan Potensi Atraksi Budaya Dengan Destinasi Wisata

Nusantaratv.com - 27 Oktober 2022

Atraksi seni pertunjukan Kubro Sapto Mudho Budoyo dari Padukuhan Kepitu Trimulyo Sleman di destinasi Tlogoputri Kaliurang. ANTARA/HO-Dispar Sleman
Atraksi seni pertunjukan Kubro Sapto Mudho Budoyo dari Padukuhan Kepitu Trimulyo Sleman di destinasi Tlogoputri Kaliurang. ANTARA/HO-Dispar Sleman

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, memadukan potensi atraksi budaya yang ada di masyarakat setempat dengan destinasi wisata untuk menambah suguhan hiburan bagi wisatawan yang berkunjung.

“Upaya ini selain untuk menambah daya tarik wisata, juga memberi kesempatan kepada kelompok-kelompok seni budaya di masyarakat untuk lebih dikenal,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Kamis.

Menurut dia, dalam upaya menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke destinasi wisata, Dinas Pariwisata Sleman tidak semata mengagendakan pertunjukan yang sifatnya modern, sepertinya organ tunggal, orkes melayu, band dan lain lain.

“Kami juga tetap mengakomodasikan potensi atraksi seni pertunjukan yang sifatnya masih tradisional,” katanya.

Ia mencontohkan, beberapa waktu lalu pihaknya menampilkan atraksi seni pertunjukan Kubro Sapto Mudho Budoyo dari Padukuhan Kepitu Trimulyo Sleman di destinasi Tlogoputri Kaliurang.

“Ternyata wisatawan yang berkunjung ke kawasan Tlogoputri Kaliurang terlihat sangat antusias menikmati atraksi seni pertunjukan Kubro Sapto Mudho Budoyo tersebut. Dari pementasan tersebut terlihat bahwa atraksi/pertunjukan seni religius masih digemari wisatawan,” katanya.

Ishadi mengatakan, pihaknya juga memberikan apresiasi kepada masyarakat lereng Gunung Merapi yang secara swadaya menyediakan layanan jasa pariwisata berupa lapak kuliner, serta sarana dan prasarana alternatif hiburan bagi wisatawan.

“Prasarana alternatif tersebut seperti jip wisata dan persewaan skuter listrik yang juga diminati wisatawan di lereng Gunung Merapi,” katanya.

Namun demikian pihaknya mengimbau para penyedia jasa pariwisata di berbagai destinasi di wilayah Kabupaten Sleman agar senantiasa mengedepankan kualitas layanan, dan tidak  menggunakan prinsip “aji mumpung”.

“Dengan pelayanan berkualitas dan baik maka wisatawan akan merasa nyaman dan terkesan. Harapannya wisatawan akan berkunjung kembali di masa mendatang dengan mengajak dan merekomendasikan kepada kerabat, sanak saudara, dan handai taulan,” katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close