Dishub Sultra Aktifkan Kembali Terminal Tipe B di Baubau

Nusantaratv.com - 13 Maret 2023

Kadis Perhubungan Sultra, Muhammad Rajulan. (ANTARA/Azis Senong)
Kadis Perhubungan Sultra, Muhammad Rajulan. (ANTARA/Azis Senong)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengaktifkan kembali terminal tipe B Lakologou di Kecamatan Bungi, Kota Baubau.

Terminal Lakologou ini sebelumnya pernah beroperasi kemudian mati suri sejak beberapa tahun lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Sultra Muhammad Rajulan di Kendari, Minggu (12/3), mengatakan saat ini pihaknya mulai melakukan pembenahan dan perbaikan sejumlah infrastruktur yang rusak semenjak ditinggalkan dan tidak terawat lagi.

"Tahun kemarin kita sudah menganggarkan untuk perbaikan, rehabilitasinya. Terutama gedung kantor karena kemarin sempat tidak terawat, termasuk lampu-lampu dan kamar mandi dan fasilitas umum lainnya,” ungkapnya.

Selain itu, mantan Kadis PUPR Kabupaten Buton ini, juga menyebut akan mengembangkan ruang tunggu terminal menjadi lebih representatif agar memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dan pengguna terminal, baik pelaku jasa transportasi maupun penumpang.

“Kita harapkan Terminal Lakologou ini menjadi simpul transportasi yang menghubungkan antara Kota Baubau dengan daerah-daerah sekitar baik itu dari Kabupaten Buton, Buton Utara maupun daerah lainnya,” katanya.

Meski terminal tipe B Lakologou sudah terbangun, saat itu para pelaku angkutan luar kota lebih banyak berpangkalan di Lapangan Tembak, yang merupakan aset Kodim 1413/Buton.

Akhirnya Dishub Sultra membangun area istirahat Waramosio yang juga difungsikan sebagai terminal. Setelah prosesi peresmian pada Agustus 2018 oleh Penjabat Wali Kota Baubau Hado Hasina, seluruh angkutan luar kota ditarik masuk di area istirahat Waromosio.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])