Dishub Kota Tangerang Minta Pemilik Kendaraan Umum dan Barang Uji KIR

Nusantaratv.com - 01 Februari 2024

Petugas sedang melaksanakan uji KIR di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor berlokasi di Jalan Daan Mogot KM19 Kelurahan Batujaya Batuceper. ANTARA/HO-Dishub Kota Tangerang
Petugas sedang melaksanakan uji KIR di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor berlokasi di Jalan Daan Mogot KM19 Kelurahan Batujaya Batuceper. ANTARA/HO-Dishub Kota Tangerang

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Banten, meminta pemilik kendaraan angkutan umum dan angkutan barang melakukan uji kir dengan mengajukan permohonan secara daring melalui aplikasi KIR Tangerang AYO.

"Ayo segera uji KIR kendaraan agar layak jalan dan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh pengguna jalan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Achmad Suhaely di Tangerang, Kamis.

Ia menjelaskan kendaraan yang dinyatakan layak jalan, tak hanya sopir dan penumpang saja merasakan keamanan berkendara tetapi juga seluruh pengguna jalan.

"Kami harap seluruh pemilik angkutan umum dan angkutan barang dapat melakukan uji kir," katanya.

Sementara itu Kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor berlokasi di Jalan Daan Mogot KM19 Kelurahan Batujaya Batuceper telah terakreditasi A oleh Kementerian Perhubungan sejak tahun 2019. Terdapat 250 kendaraan yang melakukan uji kir setiap harinya.

Dinas Perhubungan Kota Tangerang mencatat selama tahun 2023 tercatat sebanyak 57.223 kendaraan yang telah lulus dinyatakan uji kelayakan.

Jumlah tersebut meningkat setiap tahun dan Kota Tangerang mendapatkan penghargaan Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) terbaik nasional oleh Kemenhub tahun 2023.

Achmad Suhaely menambahkan aplikasi KIR Tangerang AYO dapat digunakan untuk memesan uji KIR hingga melihat hasil uji kir. Sehingga dapat membantu pemilik kendaraan mengetahui proses pemeriksaan serta administrasi pengujian kendaraan bermotor.

"Ini salah satu upaya kami dalam melayani masyarakat yang memiliki angkutan umum atau angkutan barang dapat lebih mudah untuk melakukan uji kir. Terlebih, sekarang kita sudah di era semua serba digital. Sehingga, dengan aplikasi ini dapat memudahkan untuk permohonan uji kir," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close