Disebut Gabung Pemerintahan Prabowo, Sandiaga Cari Tahu Dulu Diajak atau Nggak

Nusantaratv.com - 08 Maret 2024

Prabowo dan Sandiaga saat berpasangan di Pilpres 2019. (Antara)
Prabowo dan Sandiaga saat berpasangan di Pilpres 2019. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PPP Sandiaga Uno menyerahkan sepenuhnya ke pemenang Pilpres 2024 soal keputusan bergabung-tidaknya ia ke pemerintahan selanjutnya, yang kemungkinan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Sandiaga mengaku tahu diri, sebab berada di pihak yang kalah dalam Pilpres. 

"Tentang isu bergabung dengan pemerintah dan lain sebagainya, tentunya itu prerogatif pemerintahan terpilih nantinya," ujar Sandi, sapaan Sandiaga Uno, dalam unggahan akun Instagram-nya, @sandiuno, Jumat (8/3/2024). 

Sandi tak ingin berspekulasi terkait posisinya di pemerintahan ke depan. Walau demikian, ia akan mencari tahu apakah memang dirinya dibutuhkan atau tidak di pemerintahan berikutnya. 

"Mengenai bagaimana ke depannya, kita jangan berandai-andai dulu. Kita tahu diri lah, kita melipir, kita pastikan dulu," tutur dia. 

Terkait posisi PPP, Sandiaga menegaskan bahwa keputusan apakah partai politik itu bergabung dengan pemenang Pilpres yang diperkirakan Prabowo-Gibran, akan diputuskan oleh pimpinan Partai. 

"Pertama harus memberikan klarifikasi bahwa PPP ini partai yang ada di pemerintahan Pak Jokowi. Untuk keputusan ke depan, tentunya pimpinan Partai yang berwenang menentukan," kata dia. 

Walau begitu, Sandi membeberkan bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 di Indonesia yang didalamnya terdapat Pilpres, diapresiasi oleh dunia internasional. Sebab berlangsung lancar. 

"Saya juga baru selesai roadshow ke Australia, India, Jepang dan Singapura. Dan dalam pertemuan-pertemuan itu Indonesia diapresiasi. Bahwa pemilu yang sudah digelar ini berlangsung relatif lancar, damai dan aman. Ini diapresiasi karena lebih dari 200 juta pemilih," jelas dia. 

Setiap keputusan dari pemerintahan atau presiden yang terpilih, kata Sandi, akan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Utamanya keputusan dalam melanjutkan pemerintahan Presiden Jokowi yang ia nilai sukses. 

"Tentunya kita harapkan keberlanjutan dari pemerintahan ini bisa mendapatkan hasil-hasil oleh masyarakat," tandasnya.

Diketahui, capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran unggul dalam Pilpres 2024, baik hasil quick count atau hitung cepat maupun real count sementara KPU RI. Sejumlah pemimpin negara-negara dunia pun sudah mengucapkan selamat atas keberhasilan Prabowo memenangkan pemilu. Terbaru, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyampaikan selamat kepada Prabowo yang dipilih sebagai presiden selanjutnya RI.

Adapun pasca keunggulan Prabowo-Gibran, Sandi dikabarkan bakal merapat ke kubu nomor urut 2. Terlebih, Sandi bukan sosok asing bagi Prabowo, karena pernah menjadi cawapresnya di Pilpres 2019, dan bersama-sama dengan jenderal TNI kehormatan itu di Partai Gerindra.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close