Disdik: 31 SMP Mataram ikuti Lomba Tadarus Pelajar di Bulan Ramadhan

Nusantaratv.com - 31 Maret 2023

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram Yusuf. ANTARA/Nirkomala
Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram Yusuf. ANTARA/Nirkomala

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Dinas Pendidikan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, sebanyak 31 SMP di Kota Mataram mengikuti lomba tadarus tingkat pelajar guna menyemarakkan bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram Yusuf di Mataram, Jumat, mengatakan, lomba tadarus tingkat pelajar itu bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta membangun mental siswa di bidang agama.

"Kita ingin melalui kegiatan ini, anak-anak bisa lebih paham tata cara membaca Al Quran yang baik benar," katanya.

Kegiatan lomba tadarus tingkat pelajar ini menjadi salah satu agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Mataram di bulan Ramadan.

Dikatakan, sebanyak 31 SMP tersebut terdiri atas 24 SMP negeri dan 7 SMP swasta masing-masing sekolah mengirim lima peserta lomba tadarus antarpelajar yang sedang berlangsung hingga 5 April 2023 di Musala Siti Aisyah Kantor Wali Kota Mataram.

Dia berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan kemampuan generasi muda dalam memahami makna Al Quran serta meningkatkan kemampuan generasi muda dalam membaca Al Quran dengan tajwid dan tartil.

Selain itu, anak-anak diharapkan mampu mengimplementasikan pemahaman Al Quran dalam kehidupan serta meningkatkan iman dan taqwa generasi muda agar memiliki akhlaqul karimah.

"Kegiatan ini sekaligus untuk mencari bibit-bibit qori qoriah dari kalangan pelajar," katanya.

Sementara tim dewan hakam, katanya, Didik melibatkan dewan hakam dari Kantor Kementerian Agama dan internal Disdik Kota Mataram.

"Untuk memotivasi peserta, kita sudah siapkan hadiah menarik dan dana pembinaan bagi peserta terbaik," kata Yusuf.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])