Diprediksi Putin Sudah Mati saat Rusia Berhasil Invasi Ukraina

Nusantaratv.com - 08 Maret 2023

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Net)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Vladimir Putin dan sederet tokoh terkemuka lain disebut takkan melihat keberhasilan invasi Rusia di Ukraina. Dalam wawancara dengan stasiun televisi pemerintah Russian-1, Pengamat politik, Sergey Mikheyev, mengatakan perang di Ukraina bisa berlangsung jauh lebih lama dari umur para pejabat Kremlin termasuk Putin.

"Jika kita terus melanjutkan peperangan dengan keadaan saat ini, dengan kecepatan ini, Anda dan saya tak akan hidup cukup lama untuk bisa melihat kesuksesan apa pun," ujar Mikheyev, Senin (6/3/2023).

"Mari kita jujur dengan diri kita sendiri, kepemimpinan kita (Putin dan jajarannya) juga tak akan hidup cukup lama untuk melihat ini (kemenangan di Ukraina)," imbuhnya, dikutip dari Newsweek. 

Mikheyev pun memandang meskipun pasukan Rusia membuat kemajuan, tetapi perang masih akan berlangsung beberapa dekade ke depan.

Selain faktor perang yang berkepanjangan, banyak rumor melaporkan kondisi kesehatan Putin juga terus memburuk. Beberapa laporan termasuk intelijen Ukraina mengklaim Putin tengah mengidap penyakit mematikan seperti kanker.

Meski begitu, tidak pernah ada konfirmasi dari Kremlin soal kondisi kesehatan presiden Rusia berusia 70 tahun itu. 

Mantan ajudan Kremlin, Sergei Markov, juga pernah mengatakan perang Rusia di Ukraina bisa berlangsung lebih dari dua dekade.

"(Invasi Rusia berlangsung) lebih lama dari yang direncanakan dan diharapkan, dan tak ada akhir yang tampak," ujar Markov.

Sementara itu, Mikheyev menyarankan salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan Rusia yakni mempersingkat perang dengan memblokir politisi Barat masuk ke Ukraina

Rusia menginvasi Ukraina sejak Februari 2022. Beberapa pihak menilai Rusia bisa menguasai ibu kota Ukraina, Kyiv, dalam hitungan hari.

Namun, pasukan Ukraina berhasil menahan mereka dan memukul mundur pasukan Rusia dari Kyiv.

Kini, perang sengit berkecamuk di timur Ukraina, khususnya kota Bakhmut. Bantuan senjata juga terus mengalir dari Barat ke pemerintah Kyiv. Beberapa pihak menilai ini membuat perang kian lama.

Terlepas soal perang, kesehatan Putin kembali menjadi perbincangan setelah Rusia menginvasi negara tetangganya.

Pada awal Januari lalu, Putin tampak terus batuk-batuk saat berpidato menyambut tahun baru 2023.

Sejumlah media juga mengklaim kesehatan Putin menurun dan akan semakin terlihat di depan kamera. Sejauh ini, Kremlin juga terus membantah dugaan kesehatan Putin yang memburuk.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close