Dinkes Sulbar Gencarkan Program Peningkatan Kesehatan Pesantren

Nusantaratv.com - 17 November 2022

Dinkes Sulbar melaksanakan koordinasi dan peningkatan kapasitas pesantren sehat di aula Puskesmas Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah, Rabu (16/11/2022). ANTARA/ M Faisal Hanapi
Dinkes Sulbar melaksanakan koordinasi dan peningkatan kapasitas pesantren sehat di aula Puskesmas Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah, Rabu (16/11/2022). ANTARA/ M Faisal Hanapi

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Barat terus menggencarkan pelaksanaan program peningkatan kesehatan masyarakat di lingkungan pondok pesantren.

Kepala Bidang Kesmas Dinkes Sulbar, dr.Indahwati Nursyamsi,M.Kes di Mamuju, Rabu mengatakan pihaknya telah membentuk Tim Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat untuk melaksanakan program pembinaan kesehatan masyarakat khususnya di Pondok Pesantren Al Ikhwan Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah.

Untuk melaksanakan pembinaan pesantren sehat tersebut, Dinkes Sulbar juga telah melaksanakan koordinasi dan peningkatan kapasitas pesantren sehat di aula Puskesmas Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah.

Menurut dia, dengan program pembinaan pesantren sehat tersebut diharapkan pondok Pesantren Al Ikhwan Kecamatan Topoyo dapat menjadi contoh pesantren sehat bagi pesantren lainnya yang ada di Kabupaten Mamuju Tengah.

Ia meminta, agar tim pengelola pesantren sehat segera melaksanakan sejumlah program diantaranya melaksanakan survei mawas diri (SMD) serta musyawarah masyarakat pesantren (MMP) Al Ikhwan Kecamatan Topoyo agar mampu menjadi proyek percontohan pesantren sehat.

Sementara itu koordinator Promkes dan Kesehatan Lingkungan Dinkes Mamuju Tengah, Nasrul, SKM, M.Kes berharap program kesehatan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bisa maksimal dijalankan untuk meningkatkan kesehatan di Pesantren Al Ikhwan.

"Pemerintah menginginkan masyarakat pesantren dapat memaksimalkan pelaksanaan PHBS di lingkungan pesantren, demi peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Pesantren," ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren, Mursalin menyampaikan terimakasih atas perhatian pemerintah kepada Pesantren Al Ikhwan dan akan berupaya semaksimal mungkin untuk segera melaksanakan program pesantren sehat.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close