Dinkes Seruyan Ajak Masyarakat Terapkan 3M Cegah DBD

Nusantaratv.com - 07 Februari 2023

Petugas Dinas Kesehatan saat melakukan fogging di Kuala Pembuang, (3/2/2023). (ANTARA/Radianor)
Petugas Dinas Kesehatan saat melakukan fogging di Kuala Pembuang, (3/2/2023). (ANTARA/Radianor)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mengajak masyarakat setempat menerapkan kebiasaan 3M terhadap tempat penampungan air dan barang-barang bekas yang bisa menampung air dalam upaya mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah setempat.

"Kami mengimbau masyarakat agar menerapkan 3M, yaitu menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air, serta mengubur barang bekas," kata Kepala Dinas Kesehatan Seruyan Bahrun Abbas di Kuala Pembuang, Selasa.

Dinas Kesehatan Seruyan mencatat terhitung dari Desember 2022 sampai Januari 2023 ada sebanyak 44 kasus Demam Berdarah Dengue di wilayah setempat, sehingga pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi menyebarnya kasus tersebut.

Dia mengatakan penderita DBD terdiri dari berbagai golongan usia. Namun, angka tertinggi berada pada golongan usia produktif, yaitu 5 sampai 14 tahun yang mencapai 24 kasus.

Untuk itu masyarakat dituntut harus selalu waspada dan salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan di lingkungan rumah masing-masing.

"Kami mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan dimulai dari rumah masing-masing, sehingga dengan begitu penyebaran kasus DBD tersebut dapat diantisipasi,” jelasnya.

Selain itu, salah satu upaya dalam membasmi nyamuk terkait DBD ini yang dilakukan adalah dengan melaksanakan fogging atau pengasapan di wilayah yang berpotensi sarang nyamuk.

“Memang upaya fogging untuk pengendalian DBD, namun harus dibarengi dengan tindakan lain seperti menjaga kebersihan lingkungan dan selalu menerapkan 3M, karena upaya fogging tersebut hanya dapat membunuh nyamuk dewasa,” demikian.

Pencegahan dan penanggulangan DBD memerlukan dukungan semua pihak, terutama masyarakat. Untuk itu Dinas Kesehatan mengajak semua pihak saling bersinergi dan berkolaborasi.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])