Dinkes: Semua Puskesmas di Serang Tidak Miliki Dokter Spesialis

Nusantaratv.com - 07 Februari 2023

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kabupaten Serang Hj. Iis Isnawati, SST Mkes
Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Kabupaten Serang Hj. Iis Isnawati, SST Mkes

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang Iis Isnawati menyatakan semua pusat kesehatan masyarakat (Puskemas) di daerah itu tidak memiliki dokter spesialis.

"Total puskesmas ada 31 unit dengan rincian 16 Puskemas Rawat Inap dan 15 Puskesmas Rawat Jalan, dan tidak satupun yang ada dokter spesialisnya," kata Iis Isnawati di Serang, Banten, Selasa.

Di Kabupaten Serang, kata dia, juga terdapat tiga Unit Pelaksana Teknis (UPT) Labkesda dan 119 Public Safety Center (PSC), serta gudang obat.

Menurut dia, pada seluruh puskesmas hanya disediakan dokter umum dan dokter gigi. Jika ada pasien yang memerlukan perawatan dokter spesialis, kata dia, akan dirujuk ke Rumah Sakit Drajat Prawiranegara (RSDP) Serang.

Ia juga menyatakan tidak memiliki data dokter spesialis yang mengabdi di Kabupaten Serang, karena langsung berhubungan dan ditangani pihak RSDP Serang.

"Dokter spesialis langsung ke RSDP Serang, tidak ke kita. Jadi kami tak mengetahuinya," ujar Iis Isnawati.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan RSUD dr Drajat Prawiranegara Kabupaten Serang dr H Efrizal mengungkapkan dokter spesialis di rumah sakit tersebut relatif lengkap. Namun ada beberapa dokter spesialis yang jumlahnya kurang dari kebutuhan.

"Yang kurang itu diantaranya dokter spesialis Bedah Anak, dokter Onkologi, dokter Digestif, dokter Kulit, dokter Patologi Anatomi, dokter Bedah Plastik, dokter Rehab Medik, dan dokter Syaraf," kata Efrizal.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])