Dinkes Papua: 60 Persen Puskesmas Belum Mempunyai Tenaga Dokter

Nusantaratv.com - 24 November 2022

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Robby Kayame. (ANTARA/Ardiles Leloltery)
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Robby Kayame. (ANTARA/Ardiles Leloltery)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - lDinas Kesehatan Provinsi Papua menyebutkan 60 persen pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di wilayah itu belum mempunyai tenaga dokter.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Robby Kayame di Jayapura, Kamis, mengatakan untuk memenuhi tenaga dokter di puskesmas pihaknya berharap agar semua pihak dapat bekerjasama membangun Sumber Daya Manusia (SDM) terutama pada tiga Daerah Otonomi Baru atau DOB di Papua.

"Harapan kami agar SDM kesehatan di tiga DOB terus digenjot agar pelayanan kesehatan tidak terputus," katanya di sela-sela rapat kerja kesehatan daerah (rakerkesda) Provinsi Papua di salah satu hotel di Kota Jayapura, Kamis.

Menurut Kayame, penjabat gubernur di setiap wilayah pemekaran dapat menentukan dan menetapkan petugas kesehatan yang mengerti pola kerja di tingkat provinsi.

Dia menjelaskan dalam rakerkesda pihaknya juga mengundang Direktorat Jenderal (Dirjen) Tenaga Kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI.

"Supaya petugas kesehatan di masing-masing wilayah pemekaran dapat memberikan data terkait berapa tenaga kesehatan yang diperlukan," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya akan memformulasikan terkait bagaimana penyusunan program kerja provinsi induk dan kementerian kesehatan untuk pembangunan kesehatan di tiga DOB.

"Hal tersebut dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di bidang kesehatan," katanya lagi.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])