Dinkes Kepri: Olahraga rutin cegah diabetes

Nusantaratv.com - 14 November 2022

Kepala Dinas Kesehatan Kepri Muhamad Bisri. FOTO ANTARA/Nikolas Panama
Kepala Dinas Kesehatan Kepri Muhamad Bisri. FOTO ANTARA/Nikolas Panama

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Muhamad Bisri menyatakan bahwa olahraga secara rutin dapat mencegah penyakit diabetes (kencing manis).

"Olahraga secara rutin dapat menurunkan gula darah. Ini cara ampuh untuk mencegah diabetes, karena aktivitas dapat membantu membakar kalori untuk menghasilkan energi sehingga gula tidak menumpuk di dalam darah," katanya di Tanjungpinang, Senin.

Sejak satu dekade terakhir, kata dia, banyak penyakit metabolik yang muncul akibat kebiasaan buruk. Gaya hidup yang tidak sehat memicu penyakit hepatitis maupun penyakit tidak menular lainnya, namun mematikan.

Bekerja di dalam ruangan secara berlebihan setiap hari, mengandalkan pikiran tanpa aktivitas teratur menyebabkan organ tubuh tidak bergerak normal.

"Banyak pekerjaan sekarang yang hanya mengandalkan pikiran. Seharian orang bekerja di depan laptop atau komputer sehingga organ tubuh tidak bergerak normal," katanya.

Secara umum, kata dia diabetes disebabkan dua faktor yakni keturunan dan gaya hidup. Diabetes yang disebabkan faktor keturunan juga dapat dikurangi risiko dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

Begitu pula dengan diabetes yang disebabkan oleh gaya hidup dapat dicegah dengan berbagai cara selain berolahraga secara teratur, seperti makan makanan bergizi seimbang dengan memperhatikan asupan karbohidrat dan gula.

Cara sederhana yang perlu dilakukan yakni kurangi makanan yang mengandung karbohidrat, dan perbanyak makanan yang mengandung protein dan berserat.

"Jaga berat tubuh jangan sampai obesitas, dan tidak merokok merupakan upaya yang baik mencegah diabetes yang efektif," katanya.

Hal penting lainnya yang perlu dimiliki yakni mampu mengelola stres. Orang yang tidak mampu mengelola stres akan mudah terserang berbagai penyakit tidak menular.

Stres yang berlebihan menyebabkan aktivitas fisik berkurang, makan tidak teratur sehingga organ tubuh tidak beraktivitas normal.

"Jadi pastikan setiap hari tidak boleh stres. Harus hidup bahagia dan berpikir positif," tuturnya.

Ia mengatakan Hari Diabetes Nasional yang diperingatkan hari ini merupakan momentum agar masyarakat melakukan berbagai upaya untuk mencegah diabetes.

Diabetes diperingkatkan setiap tahun mengingat penyakit ini semakin banyak. Banyak orang yang meninggal dunia akibat penyakit ini.

"Di Kepri jumlah pasien diabetes terbanyak ketiga setelah jantung dan kanker," demikian Muhamad Bisri.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close