Dinkes Aceh Barat Tingkatkan Imunisasi Balita Cegah Kasus Polio

Nusantaratv.com - 24 November 2022

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, kini semakin meningkatkan imunisasi kepada bayi berusia 0-9 bulan, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penyakit polio (lumpuh layu) bagi balita.

"Imunisasi yang kita lakukan ini untuk mencegah terjadinya kasus polio di Aceh Barat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah kepada ANTARA di Meulaboh, Rabu.

Ia menjelaskan, berdasarkan laporan surveylance hingga 23 November 2022, hingga saat ini belum ditemukan kasus polio ataupun kasus lumpuh layu di Kabupaten Aceh Barat.

Syarifah Junaidah juga mengatakan untuk pelaksanaan imunisasi dasar dari total sasaran bayi berusia 0-9 bulan di Kabupaten Aceh Barat berjumlah 3.791 orang, hingga bulan Oktober lalu sebanyak 1.954 bayi atau 51,5 persen balita sudah mendapatkan imunisasi polio 1.

Kemudian untuk 1.357 atau sebesar 35.8 persen bayi atau bayi atau balita di Kabupaten Aceh Barat sudah mendapatkan polio dosis kedua.

Sedangkan 1.142 atau 30,1 persen bayi atau balita atau sudah mendapatkan polio dosis ketiga.

Sementara sebanyak 963 atau 25,4 persen balita sudah mendapatkan imunisasi polio suntik, dan 255 atau 14,6 persen bayi juga sudah mendapatkan imunisasi polio suntik.

Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat mengimbau kepada kalangan orangtua bayi atau balita, agar dapat menyukseskan program imunisasi agar bayi dan balita di Aceh Barat terhindar dari penyakit polio atau lumpuh layu, demikian Syarifah Junaidah.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close