Diknas Jambi Serahkan Bantuan Peralatan Sekolah Kepada 4.000 Pelajar

Nusantaratv.com - 12 Desember 2022

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra.(ANTARA/nanang mairiadi)
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra.(ANTARA/nanang mairiadi)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Dinas Pendidikan Provinsi Jambi menyatakan proses pengadaan bantuan peralatan sekolah kepada 4.000 siswa SMAN, SMKN dan SLB sudah rampung dan tinggal menunggu penjadwalan penyerahan.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra, di Jambi Senin mengatakan realisasi beasiswa berupa bantuan peralatan sekolah senilai Rp14,7 miliar tahun ini sudah selesai dilakukan proses pengadaan barangnya dan tinggal dilakukan penyalurannya yang kemungkinan dijadwalkan dalam waktu dekat pada Desember ini.

"Kita tinggal menunggu waktu penyaluran, secepatnya akan disalurkan dan akan diserahkan penyerahan secara simbolis oleh pak gubernur," katanya.

Selanjutnya siswa yang akan mendapatkan bantuan ini terdapat 4.000 pelajar yang sebelumnya telah didata melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Mereka akan mendapatkan bantuan berupa pakaian sekolah, tas dan peralatan lainnya.

Adapun anggaran bantuan ini senilai Rp14,7 Miliar. Selanjutnya untuk tahun 2023 juga akan kembali dilakukan program beasiswa serupa dengan jumlahnya yang sama.

Diknas juga telah mendata pelajar SMAN/SMKN dan SLB untuk menyeleksi siswa dalam DTKS yang didapatkan dari Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil sedangka teknis penyaluran nantinya secara simbolis akan diserahkan oleh Gubernur Jambi Al Haris pada satu sekolah dan akan diikuti oleh sekolah lainnya di Kabupaten/Kota.

Sebelumnya Pemprov Jambi juga telah mendata ada sebanyak 178 mahasiswa dinyatakan lulus seleksi dan menerima bantuan program beasiswa pendidikan S1 dan S3 dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi yang dalam waktu dekat ini segera dibagikan untuk 2022.

Pemerintah Provinsi Jambi telah mengumumkan hasil seleksi administrasi beasiswa S1 dan S3 dan dalam waktu dekat akan segera direalisasikan pemberian bantuan pendidikan tersebut. Dari seribu peserta yang mendaftar hanya 178 orang yang terjaring untuk mendapatkan bantuan pendidikan ini.

Dari kategori penerimaan beasiswa hanya S3 luar negeri yang tidak terpenuhi kuota nya karena peserta tidak memenuhi persyaratan dan yang lulus hanya tiga orang.

Sementara untuk S1 bagi peserta kurang mampu atau miskin kuota nya terpenuhi semua sejumlah 105 orang. Lalu S1 peserta prestasi akademik dan non-akademik sebanyak 45 orang serta S3 dalam negeri 25 orang.

Setelah diumumkan nama-nama penerima beasiswa itu Pemprov Jambi kemudian masuk dalam tahapan selanjutnya pencairan dan dari seribu an peserta yang mendaftar hanya 178 orang yang terjaring untuk mendapatkan bantuan pendidikan ini.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])