Diduga Stres karena Tak Lolos Pemilu, Puluhan Caleg di Jakarta Berobat Massal ke RSUD Tamansari

Nusantaratv.com - 16 Februari 2024

RSUD Tamansari Jakarta Barat/ist
RSUD Tamansari Jakarta Barat/ist

Penulis: Ramses Manurung

 

Nusantaratv.com-Puluhan calon legislatif (caleg) di DKI Jakarta diduga stres karena tak lolos di Pemilu 2024 berobat massal ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamansari Jakarta Barat.

Para caleg 'korban' kontestasi politik itu mendaftar untuk mendapat layanan dari RSUD Tamansari melalui jalur online. 

Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Tamansari, Ngabila Salama membenarkan adanya puluhan pasien yang mengaku sebagai tim sukses (timses) caleg yang ingin mendapat layanan uji stres. 

Ngabila menjelaskan layanan uji stres bagi peserta pemilu yang gagal lolos atau terpilih sudah dibuka sejak Rabu (14/2/2024). 

“Sebenarnya, biaya uji stres di rumah sakit, bisa dikenakan Rp250.000 per orang. Namun pada saat pengujian Selasa mendatang (20/2), pasien dapat memanfaatkannya secara gratis,” kata Ngabila, Kamis (15/2).

Untuk layanan uji stres, kata Ngabila, RSUD Tamansari juga bekerjasama dengan RS Soeharto Heerdjan. Selain itu juga akan ada interpretasi hasil tes canggih ini oleh psikiater dan psikolog klinis dan sekaligus penyuluhan.

“Pada saat ini sudah 40 orang mendaftar dan beberapa di antaranya tertulis di kolom institusi sebagai timses caleg di bit.ly/skriningjiwarsudtamansari,” kata Ngabila.

Baca juga: Sudinkes Tidak Lakukan Persiapan Khusus Untuk Antisipasi Caleg Stres

Guna mempermudah pelayanan, RSUD Tamansari juga berencana membuka layanan konsultasi online lewat aplikasi Zoom selama 15 menit per pasien. Layanan konsultasi ini berfungsi sebagai penapisan awal kasus.

Layanan ini dilakukan untuk memutuskan apakah perlu tatap muka dengan psikiater RSUD Tamansari untuk konseling dan atau pengobatan atau tidak.

“Dalam pencegahan dan pengendalian penyakit termasuk kesehatan mental, ingat konsep cegah sakit dan cegah komplikasi atau meninggal,” kata Ngabila.

Ngabila menambahkan selain layanan konsultasi online, RSUD Tamansari juga siap menerima konsultasi secara langsung terhadap indikasi gangguan mental dari caleg, timses caleg, KPPS, fans fanatik dan partisipan pemilu lainnya.

Layanan konsultasi dibuka dari hari Senin-Sabtu pada pukul 12.00-21.00 WIB atau sesuai jadwal praktek psikiater. 

Adapun tarif untuk pasien umum konseling dengan psikiater dikenakan biaya Rp60.000 saja. 

"Jika ada rujukan BPJS dari FKTP (fasilitas kesehatan tingkat pertama) maka gratis," tutupnya.


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close