Di Brunei Darussalam, Dua Hafidz Indonesia Raih Juara MHQ Tingkat MABIMS

Nusantaratv.com - 08 April 2023

Dua hafidz (penghafal Al-Qur'an) asal Indonesia berhasil meraih juara dalam ajang Musabaqah Menghafaz Al-Qur'an dan Pemahamannya (MHQ) di Brunei Darussalam. (Istimewa/Kemenag)
Dua hafidz (penghafal Al-Qur'an) asal Indonesia berhasil meraih juara dalam ajang Musabaqah Menghafaz Al-Qur'an dan Pemahamannya (MHQ) di Brunei Darussalam. (Istimewa/Kemenag)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Dua hafidz (penghafal Al-Qur'an) asal Indonesia berhasil meraih juara dalam ajang Musabaqah Menghafaz Al-Qur'an dan Pemahamannya (MHQ) di Brunei Darussalam.

Pertama, Muhammad Bagus Ma'shum yang berhasil meraih juara pertama pada cabang hafalan 30 juz putra. Kedua, Rahmiyatul Khairat yang sukses meraih juara ketiga pada cabang hafalan 10 juz putri.

Gelaran ini diselenggarakan pada 14 dan 15 Ramadhan atau bertepatan pada 5-6 April 2023. Kegiatan ini diikuti delegasi dari negara yang tergabung dalam MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

"Alhamdulillah bertepatan dengan malam 17 Ramadhan, tadi diumumkan bahwa dua hafidz Indonesia dapat mempersembahkan juara dalam ajang MHQ ini," ujar Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Khoirul Huda Basyir yang turut mendampingi para hafidz Indonesia, di Brunei, dikutip dari laman Kemenag, Sabtu (8/4/2023).

Dia mengungkapkan, capaian ini menjadi bukti jika pembinaan hafidz dan hafidzah di Indoesia telah berlangsung dengan baik.

"Para penghafal Qur'an Indonesia alhamdulillah dapat bersaing di level internasional. Kita berharap prestasi-prestasi ini dapat menjadi keberkahan juga bagi Indonesia," ungkapnya.

Sebelumnya, Muhammad Bagus Ma'shum juga pernah menorehkan prestasi pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional 2022 di Banjarmasin. Dia yang saat itu merupakan delegasi dari Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Jatim), berhasil meraih juara pertama dalam cabang Tafsir Al-Qur'an Putra.

Sementara, dalam kesempatan yang sama, Rahmiyatul Khairat juga berhasil mengukir prestasi. Gadis asal Medan, Sumatera Utara (Sumut), yang tercatat sebagai santri Ma'had Tahfizhil Daarut Taufiq ini berhasil meraih juara kedua cabang Tahfizh 10 Juz Putri.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])