Dewan Kerjasama Teluk Kecam Penyerbuan Ektrimis Yahudi ke Masjid Al-Aqsa

Nusantaratv.com - 30 Mei 2022

Demonstran berkumpul dengan bendera Israel di Tembok Barat di Kota Tua Yerusalem pada 29 Mei 2022, selama 'barisan bendera' Israel untuk menandai 'Hari Yerusalem'. (AFP)
Demonstran berkumpul dengan bendera Israel di Tembok Barat di Kota Tua Yerusalem pada 29 Mei 2022, selama 'barisan bendera' Israel untuk menandai 'Hari Yerusalem'. (AFP)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Kerjasama Teluk (GCC) Dr Nayef Falah Al-Hajraf pada Minggu (29/5/2022) mengecam penyerbuan Masjid Al-Aqsha oleh para ekstremis Yahudi dan anggota Knesset (parlemen) Israel di bawah perlindungan polisi Israel.

Kecaman itu disampaikan ketika puluhan ribu nasionalis Israel mengibarkan bendera dengan berbaris melalui kawasan Muslim di Kota Tua Yerusalem pada Minggu (29/5/2022).

Banyak dari para pengunjuk rasa yang bernyanyi dan menari saat mereka melewati jalan-jalan tersebut. Sedangkan yang lainnya berupaya memprovokasi massa dengan meneriakkan 'Matilah orang Arab'.

"Perkembangan baru merupakan pelanggaran mencolok dan eskalasi berbahaya," kata Al-Hajjraf, dikutip dari Arab News, Senin (30/5/2022). 

Dia menekankan perlunya Israel untuk menghormati situasi sejarah, hukum dan agama di Yerusalem. Al-Hajjraf meminta masyarakat internasional untuk memikul tanggung jawabnya dalam menjaga keamanan Masjid Al-Aqsa, sebagai situs suci ketiga bagi umat Islam.

Selain itu, dia juga mendesak Israel untuk mematuhi kewajibannya sebagai kekuatan pendudukan sesuai dengan hukum humaniter internasional.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])