Desain Antibodi Melawan Kanker, AstraZeneca dan Absci Teken Kesepakatan Rp3,8 Triliun

Nusantaratv.com - 05 Desember 2023

Logo AstraZeneca di luar gedung kantor AstraZeneca di Brussels sebagai bagian dari kampanye vaksinasi penyakit virus corona (Covid-19), Belgia, 28 Januari 2021. (Dok/Johanna Geron/Reuters)
Logo AstraZeneca di luar gedung kantor AstraZeneca di Brussels sebagai bagian dari kampanye vaksinasi penyakit virus corona (Covid-19), Belgia, 28 Januari 2021. (Dok/Johanna Geron/Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perusahaan farmasi asal Inggris-Swedia, AstraZeneca, telah menandatangani kesepakatan senilai hingga US$247 juta (sekitar Rp3,8 triliun) dengan perusahaan biologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) Amerika Serikat (AS), Absci, untuk merancang antibodi dalam melawan kanker.

Kesepakatan tersebut mencakup pembayaran awal untuk Absci, pendanaan penelitian dan pengembangan, pembayaran tahap pencapaian, serta royalti atas penjualan produk.

Melansir Reuters, Selasa (5/12/2023), kolaborasi ini dimaksudkan untuk memanfaatkan teknologi AI untuk analisis protein berskala besar guna menemukan terapi onkologi yang layak, yang merupakan fokus utama AstraZeneca. 

Namun, laporan tersebut tidak menyebutkan jenis kanker apa yang akan mereka targetkan. AstraZeneca dan Absci belum memberikan tanggapan atas permintaan komentar mengenai hal tersebut.

Absci menerapkan kecerdasan buatan generatif untuk merancang kandidat obat optimal berdasarkan afinitas target, keamanan, kemampuan manufaktur, dan karakteristik lainnya.

CEO Absci Sean McClain mengatakan, penerapan prinsip rekayasa pada penemuan obat meningkatkan potensi kesuksesan dan mengurangi waktu yang dihabiskan dalam pengembangan.

"Kami bangga dapat bekerja sama dengan AstraZeneca untuk memanfaatkan AI kami guna menghadirkan pengobatan baru bagi pasien onkologi," kata McClain.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])