Desa Babai Jadi Kampung Pancasila Pertama di Kabupaten Hulu Sungai Tengah-Kalimantan Selatan

Nusantaratv.com - 31 Maret 2022

Wakil Bupati HST H Mansyah Saberi memberikan sambutan dalam peresmian Kampung Pancasila. (Foto: Pendim Kodim 1002 HST)
Wakil Bupati HST H Mansyah Saberi memberikan sambutan dalam peresmian Kampung Pancasila. (Foto: Pendim Kodim 1002 HST)

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Desa Babai Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan dinobatkan sebagai Kampung Pancasila pertama di HST.

Penobatan Desa Babai sebagai Kampung Pancasila dilakukan oleh Kodim 1002 Hulu Sungai Tengah (HST) dan diresmikan oleh Wakil Bupati HST H Mansyah Saberi, pada Kamis (31/3/2022).  

Wabup HST mengatakan, Kampung Pancasila merupakan indikasi bahwa masyarakat tenang dan damai dengan kondisi saat ini.

"Damai itu tidak perlu dengan uang, ingin rakat mufakat bersama inilah kedamaian sesungguhnya,"kata Mansyah Saberi.

Wabup berharap, 169  desa di HST menjadi Kampung Pancasila, karena Pancasila sudah teruji menjadi falsafah bangsa Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Dandim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana mengatakan pembentukan Kampung Pancasila ini berdasarkan perintah Kasad, bahwa TNI harus bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Polri dan komponen bangsa lainnya untuk menyukseskan program-program pemerintah. 

Dijelaskan, Kampung Pancasila bertujuan meningkatkan dan mengamalkan nilai-nilai dan butir-butir Pancasila oleh seluruh rakyat atau warga negara.

"Mengapa desa Babai yang terpilih, kerena di desa ini masyarakatnya mimiliki  sinergi dan  toleransi antar umat beragama sehingga terjalinnya kebersamaan yang kuat," kata Dandim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana. 

Disebutkan, pihaknya kini menyiapkan 8 Kampung Pancasila di bawah binaan Koramil jajaran Kodim 1002/HST.

Kedelapan desa/kampung tersebut berada di bawah naungan 8 Koramil yaitu untuk Koramil 02/Batang Alai Selatan desa Birayang Surapati, Koramil-01/ Batang Alai Utara Desa Ilung, Koramil -03/Haruyan desa Panggung, Koramil -04/ Labuan Amas Selatan Desa Bangkal.

Kemudian, Koramil-05/Pandawan Desa Banua Supanggal, Koramil-06/Barabai  Desa Babai, Koramil-07/Batu Benawa Desa Aluan Besar dan Koramil-08/Labuan Amas Utara Desa Kadundung. (dari berbagai sumber) 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close