Demo Depan DPR: Bukan Cuma Pro, Tapi Juga Ada yang Kontra Pemakzulan Jokowi

Nusantaratv.com - 05 Maret 2024

Demo menuntut pemakzulan Presiden Jokowi di depan gedung DPR. (Dok)
Demo menuntut pemakzulan Presiden Jokowi di depan gedung DPR. (Dok)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Aksi unjuk rasa terjadi di depan gedung DPR RI pada hari ini, Selasa (5/3/2024). Demo menuntut pemakzulan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) serta hak angket kecurangan Pilpres 2024. Bukan cuma mendukung, pendemo yang menolak pemakzulan Jokowi juga hadir di lokasi yang masih sama. 

Massa aksi pendukung pemakzulan berasal dari kelompok yang menamakan diri Koalisi Nasional Penyelamat Demokrasi. Sedang kelompok penolak pemakzulan, mengatasnamakan Solidaritas Mahasiswa dan Masyarakat Cinta Indonesia.

Meski demikian, aksi turun ke jalan kedua kubu dilakukan di gerbang yang berbeda. Tapi, jarak kedua massa dengan tuntutan berbeda itu hanya terpaut jarak sekira 5 meter.

Pihak kepolisian pun membuat barikade dari beton serta besi guna memisahkan kedua kubu tersebut. Di tengah barikade, juga nampak sejumlah perlengkapan antihuru-hara kepolisian yang telah disiapkan untuk dipakai.

"Negara ini sedang tidak baik-baik saja, negara ini sedang krisis demokrasi," ujar salah seorang orator pendukung pemakzulan Jokowi. 

Adapun massa pendukung pemakzulan Jokowi, datang ke lokasi sekitar pukul 09.15 WIB.

Sementara pendemo penolak pemakzulan tiba di lokasi sekitar pukul 12.15 WIB. 

Adapun akibat unjuk rasa, Jalan Gatot Subroto ke arah Slipi ditutup sebagian. Hanya jalur khusus Transjakarta yang tersisa, yang diperbolehkan polisi untuk kendaraan lain melintas.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close