Delegasi Muhibah Budaya Jalur Rempah Tiba di Melaka, Tonggak Sejarah Kerja Sama Indonesia-Malaysia

Nusantaratv.com - 30 Juni 2024

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid memberikan cinderamata kepada Exco Pelancongan, Warisan, Seni, dan Budaya Melaka YB Datu Wira Abdul Razak bin Abdul Rahman dalam acara pembukaan Muhibah Budaya Jalur Rempah di Kota Melaka, Minggu, 30 Juni 2024.
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid memberikan cinderamata kepada Exco Pelancongan, Warisan, Seni, dan Budaya Melaka YB Datu Wira Abdul Razak bin Abdul Rahman dalam acara pembukaan Muhibah Budaya Jalur Rempah di Kota Melaka, Minggu, 30 Juni 2024.

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Delegasi Indonesia yang tergabung dalam misi pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) tiba di Melaka, Malaysia, pada Minggu, 30 Juni 2024. 

Menumpang kapal tiga layar Angkatan Laut Republik Indonesia, KRI Dewaruci, para anggota kontingen misi budaya yang juga dikenal sebagai Laskar Rempah itu berlabuh di dermaga Tanjung Bruas, Melaka, disambut oleh parade militer Tentera Laut Diraja Malaysia dan tarian kesenian Melaka. 

Misi budaya ini adalah pelayaran internasional perdana Muhibah Budaya Jalur Rempah sejak diluncurkan pada 2020 oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Muhibah Budaya Jalur Rempah ini merupakan bagian dari Program Prioritas Nasional di sektor kebudayaan. 

"Misi budaya ini sangat penting dalam menelusuri jejak sejarah Jalur Rempah di Nusantara," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid, dalam sambutannya di hadapan tamu undangan dan warga Melaka di depan Muzium Rakyat, Banda Hilir, Kota Melaka. 

Menurut Hilmar, misi pelayaran ini menjadi program istimewa untuk mendalami aspek kebudayaan yang muncul dari perkembangan sejarah Jalur Rempah di Asia Tenggara.

"Melaka yang dipilih menjadi kota singgah pertama pelayaran internasional perdana juga menunjukkan pentingnya relasi Indonesia dan Malaysia dalam sejarah Jalur Rempah," kata Hilmar. 

Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Hermono, mengatakan misi budaya ini menjadi tonggak sejarah penting dalam pengembangan relasi kedua negara. Apalagi Melaka menjadi kota pelabuhan internasional pertama yang disinggahi KRI Dewaruci.

"Ini diharapkan bukan perhentian pertama saja, tapi menjadi sebuah awal yang baik untuk kelanjutan acara-acara kedua negara di masa mendatang," kata Hermono. 

Misi budaya yang mengusung tema utama "Jalur Rempah dan Konektivitas Kebudayaan Melayu" juga akan diramaikan festival budaya di Jalan Kota, Banda Hilir, yang menjadi pusat arena wisata di Melaka. 

Sepanjang periode 30 Juni-3 Juli, Indonesia membuka pameran kebudayaan dan gerai-gerai kuliner makanan kaya rempah-rempah.

Hermono mengatakan misi budaya seperti Muhibah Budaya Jalur Rempah ini juga bisa menjadi pembuka kerja sama lain yang lebih besar lagi antara Indonesia dan Malaysia.  

"Tidak hanya budaya, tapi juga di sektor-sektor lain seperti ekonomi dan pariwisata," tambah Hermono. 

Exco Pelancongan, Warisan, Seni, dan Budaya Melaka, YB Datu Wira Abdul Razak bin Abdul Rahman, mengatakan Melaka memang merupakan pelabuhan terkenal dalam sejarah Jalur Rempah di dunia yang menghubungkan Indonesia dan Malaysia.

"Sangat tepat dan menjadi sebuah kehormatan ketika Muhibah Budaya ini berlabuh pertama di Melaka dalam lawatan pelayaran internasional pertamanya," ujarnya. 

Abdul Razak berharap kedatangan misi budaya ini memperluas peluang kolaborasi bagi Indonesia dan Malaysia di masa depan.

"Semoga kita bisa bekerja sama lebih jauh mempromosikan produk-produk kebudayaan Melaka, Malaysia, dan Indonesia," sambungnya. 

Sebelum merapat di Melaka, KRI Dewaruci singgah di sejumlah kota di Indonesia seperti Belitung Timur, Dumai, dan Sabang. KRI Dewaruci bertolak dari pelabuhan Komando Lintas Laut Militer Tanjung Priok, Jakarta, pada 7 Juni 2024 hingga nanti kembali ke Jakarta pada 17 Juli 2024. 

Pelayaran ini akan melewati titik-titik yang memiliki narasi sejarah dan budaya Jalur Rempah yang kuat. Muhibah Budaya Jalur Rempah tahun ini membawa 50 orang dalam setiap rute pelayaran.

Sebanyak 25 dari para peserta yang dikenal sebagai Laskar Rempah itu terpilih lewat seleksi terbuka dari Kementerian. 

Selain itu, ada pula peserta undangan dengan berbagai latar belakang mulai dari wartawan, penulis, peneliti, influencer, pakar dan pelaku budaya. Dalam pelayaran ini, KRI Dewaruci diawaki 87 personel TNI Angkatan Laut.

Misi pelayaran Jalur Rempah ini ditujukan untuk menjaga dan mengembangkan warisan budaya dengan melibatkan generasi muda sebagai agen perubahan melalui berbagai aktivitas. 

Selama di Melaka, Malaysia, Laskar Rempah akan mengikuti serangkaian acara berupa festival berbasis rempah dan budaya bahari, seminar serta lokakarya. 

Sejumlah pakar dari Indonesia dan Malaysia akan tampil menjadi pembicara kunci dalam seminar yang membahas tentang konektivitas dan kerja sama budaya kedua negara lewat Jalur Rempah.

Selain itu, KRI Dewaruci juga akan dibuka untuk kunjungan publik selama bersandar di Pelabuhan Tanjung Bruas, Melaka. 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close