Dekranasda dorong peningkatan mutu produk kerajinan daerah

Nusantaratv.com - 17 November 2022

Ketua Dekranasda Solok Selatan, Erniati Khairunas. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok Selatan)
Ketua Dekranasda Solok Selatan, Erniati Khairunas. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok Selatan)

Penulis: Alber Laia

Nusantaratv.com - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, terus melakukan upaya untuk meningkatkan mutu kerajinan di daerah, melalui pembekalan maupun pelatihan kepada pengurus dan perajin.

"Dekranasda terus mendorong dan melakukan pembinaan dalam rangka menumbuhkembangkan dan membangkitkan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Solok Selatan," Ketua Dekranasda Solok Selatan, Erniati Khairunas di Padang Aro, Kamis..

Ia menjelaskan Dekranasda mencoba meningkatkan ekonomi masyarakat melalui produk-produk kerajinan dan produk unggulan daerah, yang kemudian dipromosikan baik provinsi, nasional maupun event-event internasional guna mendapatkan pangsa pasar yang lebih baik.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Solok Selatan Syamsurizaldi mengatakan pelaksanaan program dan kegiatan pokok Dekranasda memerlukan sinergi dengan perangkat daerah terkait.

"Berkembangnya dewan kerajinan juga dipengaruhi oleh sinergitas dan peran aktif dari seluruh pengurus dalam menjalankan program kerja yang telah direncanakan kepengurusan Dekranasda,’’ katanya.

Pengurus Dekranasda, lanjut dia, dituntut memiliki kemampuan dan kompetensi yang membangun kreativitas dan inovasi guna mendorong industri kreatif di Solok Selatan sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan perajin dan pelaku UMK.

Upaya yang dilakukan adalah memaksimalkan potensi-potensi yang bisa menjadi produk kerajinan daerah unggulan sehingga bisa dipasarkan secara nasional maupun internasional.

Ia berharap kerajinan lokal dapat menjadi tuan rumah di negara sendiri dan memiliki nilai manfaat baik secara ekonomi maupun peningkatan pengembangan kreativitas perajin daerah kabupaten Solok Selatan.

Menurut dia, kerajinan lokal bukanlah semata sumber-sumber penggerak perekonomian sebuah daerah, tetapi juga merupakan kekayaan khazanah kearifan lokal dan kreatifitas masyarakat setempat.

"Produk Kerajinan lokal unggulan dapat membantu meningkatkan nilai promosi daerah," katanya.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close