Debat Perdana Pilpres 2024, Antara Sajian Gimik Politik Atau Solusi Konkret

Nusantaratv.com - 12 Desember 2023

Ilustrasi pasangan capres-cawapres Pemilu 2024
Ilustrasi pasangan capres-cawapres Pemilu 2024

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana Pilpres 2024 untuk ketiga calon presiden (Capres) Republik Indonesia di Kantor KPU, Selasa (12/12/2023) malam.

Nantinya ketiga capres tersebut, yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo diminta menyampaikan gagasan serta visi-misi sesuai dengan 6 tema yang diusung, yaitu  Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Diharapkan ketiga calon presiden Republik Indonesia yang tampil pada malam nanti, dapat menyajikan perdebatan yang menarik dengan memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di negeri tercinta ini.

"Perlu digarisbawahi apakah tema debat nanti masih dijawab dengan gimik politik? Atau para kandidat menyampaikan sebuah solusi konkret," kata Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago dikutip dari Liputan6 Selasa (12/12/2023).

Arifki juga memprediksi debat perdana nanti akan mengarah kepada hal yang lebih substansial, semua capres bermain dengan narasi masing-masing.

"Debat nanti Bisa saja ke arah sikap oposisi atau kritikan terhadap pemerintahan saat ini dari salah satu capres. Ada juga capres yang lebih melihat terhadap peluang dan hal yang sangat baik. Apalagi salah satu capres memiliki rating bagus dalam penegakan hukum," ungkapnya.

Namun, Arifki belum bisa menebak permainan narasi yang disampaikan oleh satu dari capres pada debat nanti. Menurutnya, capres tersebut tidak mungkin memainkan narasi kritik.

"Salah satu capres belum bisa ditebak. Sebab tema hukum ini kunciannya di pemerintah dan di sana ada cawapresnya," pungkas Arifki.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close