Debat Final Capres, Ini Format dan Tema yang Dibahas

Nusantaratv.com - 02 Februari 2024

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan pada Debat Capres Kedua/ist
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan pada Debat Capres Kedua/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Komisi Pemilihan Unum (KPU) akan menggelar Debat Final untuk Calon Presiden (Capres) pada Minggu 4 Februari 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta. 

Dalam rangka penyelenggaraan debat final Capres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 KPU telah melakukan serangkaian persiapan agar pelaksanaan debat dapat berjalan dengan lancar, antara lain, Focus Group Discussion (FGD) Perumusan Tema dan Isu Strategis Pelaksanaan Debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, rapat koordinasi bersama Tim Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, rapat-rapat koordinasi dengan media massa penyelenggara debat dan rapat koordinasi dengan stakeholder terkait.

Hasil dari serangkaian pembahasan tersebut ditetapkan enam tema yang akan menjadi topik pembahasan dalam Debat Final Capres yakni Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Kebudayaan, Teknologi Informasi dan Kesejahteraan Sosial dan Inklusi. 

Adapun format debat final atau debat kelima Pilpres 2024 akan berlangsung dengan durasi 150 menit dengan rincian 120 menit untuk debat Capres dan 30 menit untuk jeda iklan.

Baca juga: Pengamat Sebut Video Skor Ganjar-Anies Diviralkan Gara-gara Prabowo Kalah Debat Capres 

Pelaksanaan Debat Final terbagi dalam 6 segmen, sebagai berikut;

Segmen Satu: Pembukaan, pembacaan tata tertib dan penyampaian visi misi dan program kerja

Segmen Dua: Pendalaman visi, misi dan program kerja

Segmen Tiga: Pendalaman visi, misi dan program kerja

Segmen Empat: Tanya jawab dan tanggapan

Segmen Lima: Tanya jawab dan tanggapan

Segmen Enam: Penutup 

Debat Final Capres akan diikuti oleh tiga calon presiden yang maju dalam Pilpres 2024 yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Dijadwalkan debat akan berlangsung mulai pukul 19.00 WIB.

 

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close