Debat Final Capres di JCC Senayan, Polri Kerahkan 2.992 Personel

Nusantaratv.com - 04 Februari 2024

Polri kerahkan 2.992 personel kawal pelaksanaan debat final atau debat kelima untuk untuk calon presiden (capres) yang berlangsung malam ini, Minggu (4/2/2024) di Jakarta Convention Center (JCC)/ist
Polri kerahkan 2.992 personel kawal pelaksanaan debat final atau debat kelima untuk untuk calon presiden (capres) yang berlangsung malam ini, Minggu (4/2/2024) di Jakarta Convention Center (JCC)/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Dalam rangka mengawal pelaksanaan debat final atau debat kelima untuk calon presiden (capres) yang berlangsung malam ini, Minggu (4/2/2024) di Jakarta Convention Center (JCC), Polri mengerahkan sebanyak 2.992 personel. Selain itu, 200 personal Pengamanan Dalam (Pamdal) juga akan mengatur pengaman.

Debat final capres yang membahas tema kesejahteraan sosial, kebudayaan pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi akan diikuti ketiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.    

Kalporses Jakarta Pusat, Susatyo Purnomo berharap debat bisa berjalan dengan tertib dan mengikiti aturan-aturan yang ada.

“Dalam operasi mantapbrata ini, Debat capres jadi prioritas dalam pengamanan. Dan hari ini adalah debat capres yang kelima atau yang terakhir. Jajaran Polri menyiagakan 2.992 personel untuk mengamankan kegiatan, ditambah lagi dari teman-teman Pamdal sebanyak 200 personel untuk mengatur pada ring 2 dan ring 1,” kata Susatyo Purnomo di JCC, Minggu (4/2/2024).

Susatyo Purnomo mengatakan pihaknya sudah melakukan evaluasi dari debat keempat calon wakil presiden (cawapres), setelah adanya masa yang tak diundang tiba-tiba datang dengan membawa bunyi-bunyian. Ia menegaskan akan melakukan pengamanan lebih untuk hal tersebut tidak terjadi.

Baca juga: Debat Final Capres, Ini Format dan Tema yang Dibahas

“Sehingga pola pengamanan yang sudah pernah dilaksanakan sebanyak dua kali di JCC ini, tentunya menjadi bahan evaluasi kami. Khususnya pada saat debat yang keempat kemarin. Di mana masa yang non undangan itu datang cukup banyak, dengan membawa bunyi-bunyian. Sehingga untuk pola pengamanan pada hari ini akan kami sesuaikan untuk tidak mendekat ke lobi JCC,” jelasnya.

Selain pengamanan, sambung Susatyo Purnomo, Polri juga akan melakukan rekayasa lalu lintas saat mendekati debat kelima agar para paslon bisa sampai tepat waktu. 

“Sampai dengan saat ini kami belum memberlakukan pengalihan arus lalu lintas. Namun mendekati pukul 19:00 WIB di saat para capres cawapres akan mendekat ke lokasi, kami akan mulai mengatur arus lalu lintas, agar bisa datang tepat waktu,” terangnya.

“Termasuk juga bagi para undangan VIP, para ketua partai dan sebagainya,,” imbuhnya. 

Susatyo mengimbau masyarakat mengingat acara debat final juga disiarkan seluruh stasiun televisi untuk bisa datang sesuai ketentuan, hanya yang undangan. Namun demikian, apabila ingin memberikan semangat bagi para paslon, untuk bisa mengikuti debat yang kelima ini, diharapkan bisa tertib dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku. Serta tidak mengganggu pada kegiatan inti yang berada di dalam JCC. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close