Debat Final Capres, Anies Tegaskan Tujuan Seluruh Pembangunan adalah Pembangunan Kebudayaan

Nusantaratv.com - 04 Februari 2024

Anies Baswedan/ist
Anies Baswedan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menegaskan kebudayaan bukan termasuk sektor pembangunan. Tetapi seluruh pembangunan yang dilakukan justru bermuara pada pembangunan kebudayaan.

Hal itu disampaikan Anies Baswedan saat mendapat giliran menyampaikan visi misi dalam debat final untuk calon presiden di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024).

"Kekayaan Indonesia justru pada kebudayaan dan kebudayaan itu bukan sektor pembangunan, tapi justru seluruh kegiatan pembangunan itu ini adalah tujuannya membangun kebudayaan itu," kata Anies.

Karena itu, kata Anies, pemerintah perlu menciptakanan ekosistem yang sehat pada kebudayaan agar budayawan bisa bebas berekspresi.

Baca juga: Debat Final Capres, Anies Awali Penyampaian Visi Misi dengan Bahasa Isyarat

"Budaya itu bukan hanya dirawat karena seakan-akan warisan masa lalu saja budaya itu harus dikembangkan sehingga terus menerus berkembang " tuturnya.

Anies berjanji jika terpilih menjadi Presiden akan memanfaatkan Kementerian Kebudayaan menjadi penyalur sumber daya kepada kalangan budayawan. Ia meyakini bahwa karya luar biasa akan bermunculan lewat rencana itu.

"Kami melihat perlu dibentuk dan kami berencana Kementerian Kebudayaan yang nantinya akan menjadi penyalur sumber daya dari negara untuk diberikan kepada kalangan budayawan agar mereka tumbuh berkembang untuk membangun karya-karya yang luar biasa di Indonesia," tutupnya.

Di awal paparannya Anies menegaskan permasalhan terbesar Indonesia adalah ketimpangan, ketidaksetaraan dan ketidakadilan.      

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close