Debat Capres 2024, Anies Baswedan: Banyak Aturan yang di Tekuk demi Kepentingan Penguasa

Nusantaratv.com - 12 Desember 2023

Anies Baswedan capres nomor urut 1
Anies Baswedan capres nomor urut 1

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan menjadi yang pertama naik keatas panggung untuk menuangkan isi kepalanya pada gelaran debat capres yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di kantornya, Selasa (12/12/2023) malam.

Diatas panggung, Anies menegaskan bakal merubah beberapa aturan soal hukum yang dibuat oleh pemimpin saat ini. Sebab, menurutnya banyak aturan yang ditekuk sesuai kepentingan penguasa.

Anies juga menjelaskan bahwa negara hukum harus menempatkan hukum untuk keadilan serta bermanfaat bagi semua masyarakat Indonesia. Pasalnya, tatanan saat ini tidak sesuai dengan prinsip hukum yang ada.

"Banyak aturan ditekuk sesuai dengan kepentingan yang sedang memegang kekuasaan. Apakah ini akan diteruskan? Tidak. Ini harus diubah. Ini harus dikembalikan. Negara ini adalah negara hukum, bukan negara kekuasaan," kata Anies.

Selain itu, Anies juga ingin hukum yang tegak, tidak hukum yg tajam kebawah tapi tumpul ke atas.

"Dalam kenyataanya bengkok. Dia tajam ke bawah, tumpul ke atas. Kondisi ini tidak boleh dibiarkan dan harus berubah. Karena itu kita mendorong perubahan, mengembalikan hukum menjadi tegak kepada semuanya," ujar Anies.

Sebagai informasi, tema debat capres pertama ini adalah 'Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi'.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close