Daripada Tunggu One Way Tol Selesai, Masyarakat Diminta Lewat Jalan Arteri

Nusantaratv.com - 05 Mei 2022

Jalan tol. (Antara)
Jalan tol. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Masyarakat diminta mengambil jalur arteri dibandingkan menunggu rekayasa lalu lintas satu jalur alias one way selesai di gerbang tol (GT) selama arus balik lebaran 2022.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Firman Shantyabudi menjelaskan, hal itu dilakukan agar tak mengganggu para pengguna jalan tol lainnya serta tak menimbulkan kepadatan seperti pada arus mudik lalu.

"Evaluasi dari arus mudik kemarin, kami mengimbau masyarakat agar tidak menunggu di jalan tol untuk menunggu one way berakhir," ujar Firman di Command Center KM 29 Tol Jakarta-Cikampek, Kamis (5/5/2022). 

Begitu juga bagi para pemudik yang memang terjebak pada saat rekayasa lalu lintas one way. Ia menyarankan mereka menggunakan jalur arteri.

"Karena kami ini berhadapan dengan sesuatu yang tidak pasti dan sangat dinamis. Daripada menunggu di gerbang tol, lebih baik manfaatkan jalur arteri dengan mengikuti arahan dari petugas," kata dia. 

Korlantas Polri bakal kembali melakukan rekayasa lalu lintas berupa one way, contraflow, dan ganjil-genap di ruas Tol Jawa selama arus balik Lebaran 2022.

One way diterapkan di ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada Kamis (5/5).

"One way akan diberlakukan pada hari Kamis, tanggal 5 Mei 2022 pukul 11.00 sd 24.00 WIB dimulai dari GT Palimanan Utama km 188 sampai dengan km 72 Cikampek dilanjutkan contraflow sampai dengan tol Jakarta Cikampek km 47 dan kendaraan yang akan mengarah ke Bandung dan Cikampek diberikan relaksasi satu lajur," kata Direktur Lalu Lintas Polda Jabar Kombes Romin Thaib, Kamis (5/5).

Jika kepadatan arus lalin mulai berkurang, one way akan diakhiri lebih cepat dari jadwal yang sudah ada.

Apabila kepadatan semakin meningkat melebihi batas maksimal, maka rekayasa lalin one way akan ditingkatkan dari GT Palimanan Utama km 188 sampai dengan Tol Jakarta Cikampek km 47 (tanpa relaksasi) dan diperpanjang waktunya.

"Setelah pelaksanaan one way pukul 24.00 WIB, akan dilakukan normalisasi baik pada jalur maupun pada rest area selama dua jam setelah pelaksanaan one way (02.00) setelah itu jalur akan dibuka secara normal," tandas Romin.

Adapun alternatif jalur bagi yang berlawanan arah dengan arus balik, Kepala Bagian Penerangan Umum Divis Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko menyebut ada tiga jalur.

Pertama, keluar GT Karawang Barat, Jalan Raya Pantura, jalan Raya Klari, Kosambi, Cikampek, Jomin, Pantura.

Kedua, keluar GT Karawang Timur, Jalan Klari, Pasar Kosambi, Jomin, Pantura. Ketiga, keluar GT Cikopo, Simpang Jomin, Pantura.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close