Cuma Gara-gara Kritik Wali Kota Jambi, Anak SMP Dipolisikan

Nusantaratv.com - 05 Juni 2023

Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan wakilnya. (Net)
Wali Kota Jambi Syarif Fasha dan wakilnya. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Siswi salah satu SMP di Kota Jambi inisial SFA dilaporkan ke polisi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi soal UU ITE. SFA dilaporkan terkait postingan video yang mengkritik Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

Kasubdit 5 Direskrimsus Polda Jambi Kompol Andi Purwanto membenarkan adanya laporan pengaduan dari pihak Pemkot Jambi terhadap SFA. Laporan itu disebut terkait UU ITE karena telah menyebut nama Wali Kota Jambi Syarif Fasha.

"Benar adanya laporan pengaduan itu bahwa si adek SFA dilaporkan oleh atas nama Gempa, yang bersangkutan itu adalah Kabag Hukum Pemkot di Jambi," ujar Andi, Senin (5/6/2023).

Andi mengatakan, siswi SMP itu dilaporkan Pemkot Jambi pada 4 Mei 2023. Dia dilaporkan terkait Pasal 28 ayat 2, yaitu setiap orang yang dengan sengaja atau tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau ITE.

"Jadi kenapa dilaporkan? Karena dalam postingan saudara adek SFA itu ada menyebutkan bahwa Wali Kota Jambi itu menyengsarakan seorang veteran kemudian ada juga surat dari kerajaan firaun Pemkot Jambi," kata Andi.

Andi pun mengonfirmasi jika siswi itu dilaporkan pasal UU ITE karena telah menyebut-nyebut nama Wali Kota Jambi Syarif Fasha dalam postingannya. Postingan yang kemudian viral itu terkait adanya perusahaan asal China pengangkut kayu lalu-lalang di dekat rumah neneknya, seorang veteran, hingga membuat rumah neneknya itu rusak.

"Iya betul UU ITE," ucapnya. 

Sementara Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar, mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Dia menyebutkan akan melakukan konferensi pers besok.

"Tidak seperti itu, besok kami prescon," tandas Abu Bakar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close