Cuaca Panas RI Akhir-akhir Ini, Berikut Penjelasan BMKG

Nusantaratv.com - 25 April 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Masyarakat Indonesia di berbagai wilayah mengeluhkan suhu yang lebih panas dibandingkan biasanya. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, penyebab utama panasnya suhu di Indonesia yakni dinamika atmosfer yang tidak biasa, dibarengi gelombang panas wilayah Asia.

BMKG pun memaparkan prediksinya perihal cuaca hari ini, Selasa (25/4). Dalam unggahan di akun Instagram @infobmkg, nampak sejumlah wilayah bakal berada pada level low (risiko bahaya rendah), moderate (risiko bahaya sedang), high (risiko bahaya tinggi), dan very high (risiko bahaya sangat tinggi) pada pukul 09.00 WIB.

Lanjut pada pukul 10.00 WIB dan 11.00 WIB, wilayah-wilayah di Indonesia 'diwarnai' level moderate, high, very high, dan ekstrem (risiko berbahaya sangat ekstrem).

Di wilayah dengan level tertinggi yakni ekstrem, diperlukan tindakan perlindungan untuk area kulit dan mata lantaran paparan matahari tanpa pelindung berada di tingkat bahaya ekstrem.

Di samping itu, masyarakat diimbau untuk menghindari paparan sinar matahari pukul 10 pagi hingga 4 sore, berada di tempat teduh saat matahari terik siang hari, serta mengenakan pakaian pelindung dari paparan matahari seperti topi lebar dan kacamata hitam penghalang sinar UV saat berada di luar ruangan.

Baru pada pukul 15.00 WIB, terlihat tak ada warna risiko bahaya tinggi di seluruh wilayah Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close